Implementasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa MTs Nurul Huda Banyuputih Batang

Mukaromah, Siti (2022) Implementasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa MTs Nurul Huda Banyuputih Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penghayatan nilai-nilai pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkn karena letak madrasah yang berada di jalur Pantura yang terkenal dengan karakter orang-orang yang keras yang berdampak pada pergaulan peserta didik di madrasah dan kemajuan perkembangan teknologi yang pesat, membawa berbagai fenomena penyimpangan moralitas yang dilakukan oleh generasi muda. Keprihatinan terhadap kondisi masyarakat ini membutuhkan pemecahan yang serius oleh para guru, Guru perlu mencari cara agar generasi muda memiliki karakter yang baik, Salah satu upayanya melalui Program Ekstrakurikuler pramuka wajib. Program ini berisi pendidikan karakter meliputi agama, patriotisme, ketrampilan, ketangkasan dan sosial. Kemudian MTs Nurul Huda mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa MTs Nurul Huda Banyuputih Batang?, Bagaimana Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa MTs Nurul Huda Banyuputih Batang? Bagaimana evaluasi implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa MTs Nurul Huda Banyuputih Batang? Tujuan Penelitian ini adalah 1. Menganalisis perencanaan implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa MTs Nurul Huda Banyuputih Batang 2. Menganalisis implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa MTs Nurul Huda Banyuputih Batang.3. Menganalisis evaluasi implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam ekstrakurikuler pramuka bagi pengembangan karakter siswa MTs Nurul Huda Banyuputih Batang Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui; Interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam (Aqidah, Ibadah, Akhlak) dalam ekstrakurikuler pramuka melalui empat tahapan. Pertama tahap pembiasaan yaitu pengembangan karakter peserta didik melalui kegiatan pembiasaan berdo’a dan shalat dalam kegiatan kepramukaan. Kedua tahap pengembangan karakter melalui ketercapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) bidang agama. Ketiga, Tahap Ketercapaian Syarat Kecakapan Khusus (SKK) bidang agama, Keempat Pemberian Sanksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMakrum, MakrumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Ekstrakurikuler, Pramuka, Karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 05:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item