Penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Islamiyah Tambakboyo Kecamatan Reban Kabupaten Batang

Hartono, Hartono (2022) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Islamiyah Tambakboyo Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih hanya sebatas diajarkan secara teori semata tanpa dikaitkan dengan pembelajaran lain seperti Pendidikan Agama Islam, sehingga peserta didik hanya mengetahui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebagai ilmu sains bukan ilmu agama, padahal jelas bahwa Islam melalui Al-Qur’an telah banyak menjelaskan ayat-ayat yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang diajarkan melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Islamiyah Tambakboyo? Bagaimana penanaman nilai nilai Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Islamiyah Tambakboyo? Bagaimana dampak penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Islamiyah Tambakboyo? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan: Pertama, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang diajarkan melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Islamiyah Tambakboyo, antara lain: Nilai Aqidah, Nilai Ibadah, dan Nilai Akhlak. Kedua, Penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Islamiyah Tambakboyo, antara lain: siswa kelas 1 materi Tema berupa Aku merawat tubuhku, siswa kelas 2 materi tema berupa merawat hewan dan tumbuhan, siswa kelas 3 materi tema berupa Pertumbuhan dan perkembangan manusia, siswa kelas 4 materi Tema berupa Berhemat Energi, siswa kelas 5 materi tema berupa Manusia dan Lingkungannya, ssiswa kelas 6 materi tema berupa selamatkan makhluk hidup. Ketiga, Dampak penanaman nilai nilai Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Islamiyah Tambakboyo, antara lain: 1) Bagi Guru: guru mampu dijadikan sebagai teladan yang baik, guru dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja serta kompetensinya. 2) Bagi Siswa: siswa lebih serius dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, memudahkan siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai PAI melalui pembelajaran IPA, dan siswa dapat merubah perilakunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 05:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item