Dzikri, Latania (2021) Pembentukan karakter religius siswa berbasis kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di Mts Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (10MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Latar belakang penulisan Tesis ini adalah berdasarkan pengamatan di lapangan MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penulis menemukan adanya fenomena merosotnya karakter peserta didik dapat disebabkan karena lemahnya pendidikan karakter. Dengan adanya ekstrakurikuler keagamaan dapat menambah keterampilan peserta didik dan lebih memahami keagamaan yang nantinya akan memunculkan karakter religius. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? 2. Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? 3. Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang menempatkan manusia sebagai subjek utama dalam peristiwa sosial maupun budaya dan penelitian ini tidak menggunakan angka dalam menyimpulkan data. Hasil penelitian 1. Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa yaitu MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni mengadakan beberapa program yang dapat membentuk karakter religius diantaranya kegiatan hadroh, Baca Tulis al-Qur’an (BTQ), Qira’atul Qur’an, solat dhuha, isra’ mi’raj, persamu (perkemahan 1 muharram), qurban idul adha, doa pagi, tadarus al-Qur’an, ziarah makam pendiri yayasan salafiyah syafi’iyah, maulid Nabi Muhammad Saw. 2. Pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan dilakukan dengan tiga jenis yaitu harian, mingguan dan tahunan. 3. Evaluasi pelaksanaan dapat terlihat dari kehadiran dan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Dimaksudkan agar siswa aktif dalam mengikuti ekstrakurikuler keagamaan dan merasa takut ketika tidak mengikuti kegiatan karena akan mendapatkan sanksi. Hal ini sebagai modal awal kesadaran siswa dengan mematuhi peraturan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter religius, Ekstrakurikuler keagamaan | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 04:58 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2778 |
Actions (login required)
View Item |