Peran kelompok kerja guru dalam pembinaan profesionalisme guru pendidikan agama islam Sekolah Dasar Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang

Sunar, Sunar (2022) Peran kelompok kerja guru dalam pembinaan profesionalisme guru pendidikan agama islam Sekolah Dasar Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah suatu wadah untuk guru yang bergabung dalam organisasi gugus sekolah yang bertujuan menjadikan guru lebiih handal dalam upaya tingkatkan pendidikan sekolah dasar lewat pendekatan sistem pembinaan handal serta aktivitas pendidikan aktif. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di KKG merupakan suatu upaya untuk meningkatkan profesinalisme guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Bagaimana peran Kelompok Kerja Guru dalam pembinaan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Bagaimana dampak peran Kelompok Kerja Guru dalam pembinaan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam, menganalisis peran Kelompok Kerja Guru dalam pembinaan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam, menganalisis dampak peran Kelompok Kerja Guru dalam pembinaan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggukana deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang setelah mengikuti KKG dapat dikatakan baik. Hal ini dibuktikan dari kemampuan dalam empat hal, yakni mampu merencanakan program belajar mengajar, mampu melaksanakan kegiatan belajar mengajar, mampu menilai proses belajar mengajar dan menguasai bahan pelajaran. 2) Peran Kelompok Kerja Guru dalam pembinaan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang: sebagai tempat pembahasan dan pemecahan masalah, sebagai wadah kegiatan, sebagai tempat informasi, sebagai pusat kegiatan praktek. 3) Dampak peran Kelompok Kerja Guru dalam pembinaan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang: guru PAI mau membenahi kinerjanya, termotivasi untuk menjadi lebih baik dan wawasan bertambah, mengetahui berita atau isu terbaru di dunia pendidikan, kreatifitas dan skill guru tumbuh dan terasah, mahir membuat perangkat pembelajaran, bertambahnya keinginan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kelompok Kerja Guru, Profesionalisme Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:43
Last Modified: 08 Feb 2023 04:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item View Item