kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di

UNSPECIFIED (2021) kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di SMP Negeri 3 Pekalongan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yakni memudarnya tingkat kedisiplinan peserta didik, antara lain terlambat mengirimkan tugas, menon-aktifkan video saat pembelajaran daring, tidak hadir tanpa keterangan, dan sebagainya. Ini menjadi perhatian untuk dicarikan solusi terbaik. Rumusan masalah penelitian di antaranya; 1) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan? 2) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan? 3) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar jika diuji secara simultan terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan? Tujuan penelitian ini di antaranya; 1). Untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan. 2). Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan. 3). Untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar jika diuji secara simultan terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif (sederhana) dan inferensial. Analisis statistik inferensial meliputi uji kualitas data (meliputi uji validitas dan reliabilitas data), uji asumsi klasik (meliputi uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan linearitas data), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (meliputi uji parsial (statistik t), signifikansi simultan (statistik F), dan koefisien determinasi (R2 )). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki tingkat kecerdasan emosional tergolong baik, motivasi belajar tergolong cukup baik, dan kedisiplinan tergolong kurang baik. Selanjutnya kecerdasan emosional dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kedisiplinan serta keduanya xiii berpengaruh secara simultan terhadap kedisiplinan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan. Dalam meningkatkan kedisiplinan sangatlah dibutuhkan peran orang tua dan guru dalam membimbing dan mengawasi. Selain itu, peserta didik juga harus memiliki cita cita di masa depan, dengan demikian tingkat kedisiplinan akan lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Kedisiplinan Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:43
Last Modified: 08 Feb 2023 05:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2785

Actions (login required)

View Item View Item