Aprilina, Tri (2021) Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (25MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
Abstract
SMPN 1 Karanganyar adalah sekolah yang terletak di daerah pedesaan dengan jaringan internet yang cenderung tidak lancar, sedangkan dalam pembelajaran daring membutuhkan jaringan internet yang lancar. Dalam pelaksanaan pembelaran daring tentu membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda, tidak sama dengan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran daring ini juga tentu akan berdampak bagi guru, siswa dan juga pada hasil pembelajaranya. Rumusan masalah penelitian ini yaiu: Bagaimana implentasi pembelajaran daring yang diterapkan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Karanganyar?. Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring di SMPN 1 Karanganyar. Apa dampak dari pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Karanganyar?. Dengan tujuan penelitian: Untuk menganalisis implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Karanganyar kabupaten Pekalongan. Untuk menganalisis dampak dari sistem pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Karanganyar kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dipaparkan dengan teknik analisis deskriptif maka analisanya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini diantaranya: Pada tahap persiapan, guru membuat palikasi pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran daring dan membuat bahan pembelajaran daring. Pelaksanaan Pembelajaran daring menggunakan aplikasi pembelajaran. Pada tahap evaluasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Formulir. Faktor pendukung berupa bantuan kuota, sarana komputer serta dampingan dari guru dan orang tua. Faktor penghambat berupa kurang lancarnya jaringan internet, hambatan ekonomi dan rasa kejenuhan siswa. Dampak positif pembelajaran daring diantaranya siswa menjadi lebih mandiri, kreatif dan inovatif, mengembangkan pola pikir siswa dan memupuk sikap tanggung jawab pada siswa. Menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan guru khususnya pada bidang tekhnologi. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif. Dampak negatif pembelajaran daring diantaranya siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa cepat merasa bosan, dan waktu belajar siswa lebih sedikit. Lebih menguras waktu, tenaga, dan pikiran guru. Pada tahap evaluasi nilai hasilnya kurang efektif karena guru tidak bisa memantau siswa secara langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
Depositing User: | Nani Nuryani |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:43 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 04:48 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2786 |
Actions (login required)
View Item |