Mujib, Saiful (2022) Model Pembelajaran Integratif Mata Pelajaran IPA Berbasis Al Qur'an Untuk Membina Karakter Spiritual Peserta Didik di SMP Darul Ma'arif Banyuputih Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (15MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah umumnya hanya dengan mengedepankan akal dan indra saja. Bahkan analisisnya hanya bertumpu pada akal tanpa menghadirkan peran Allah dalam pengaturan alam semesta ini dan secara tidak langsung menghilangkan peran Allah dalam proses kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Model Pembelajaran Integratif Mata Pelajaran IPA Berbasis Al-Qur’an Untuk Membina Karakter Spiritual Peserta didik di SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru dan 32 peserta didik sebagai informan kunci dan kepala sekolah dan wakil kepala urusan kurikulum sebagai informan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama sebaiknya berintegrasi dan bersinkronisasi dengan mata pelajaran umum. supaya mempunyai relevansi terhadap perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Model pembelajaran integratif mata pelajaran IPA berbasis al-Qur’an yang diterapkan di SMP Darul Ma’arif Banyuputih adalah model integrated dengan tipe POT (Power of Two) dan EEP (Eksperience and Eksperiment Program). Dengan tipe ini peserta didik akan dibagai menjadi beberapa kelompok dalam proses pembelajaran. Ada kelompok yang mengkaji tema mata pelajaran IPA, sedang kelompok yang lain dari tema al-Qur’an. Rencana Pelakanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan di kelas sudah mengindikasikan pembelajaran integratif. Sedangkan dengan model pembelajaran integratif ini terkait membina karakter spiritual peserta didik, narasumber meyampaikan bahwa ada kaitannya dengan membina karakter spiritual peserta didik. Minimal ada proses pemahaman tentang hakikat sesuatu ketika mengikuti pembelajaran mata pelajaran IPA. Memahami akan kebesaran Tuhannya dalam penciptaan dan pengaturan segala sesuatu yang ada di alam semesta. Peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, peneliti melihat peserta didik memberikan respon yang sangat baik, mereka dengan tekun mengikuti kegiatan pembelajaran, antusias dalam kegiatan diskusi, dari sini terlihat bahwa dengan model pembelajaran integratife dapat membina karakter peserta didik khususnya karakter spiritual peserta didik, peserta didik dapat memahami bahwa semua fenomena alam tidak lepas dari kekuasaan Allah Swt.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Integratif, IPA, Al Qur’an, Karakter Spirirtual. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 04:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 04:13 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2793 |
Actions (login required)
View Item |