Kreativitas Guru Pendidikan Agamam Islam Dalam Membina Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal

Maharani, Intan Fitria (2022) Kreativitas Guru Pendidikan Agamam Islam Dalam Membina Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Masa pandemi Covid-19 seperti ini sangat mempengaruhi semua aktivitas manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Hal ini yang menyebabkan banyak permasalahan, seperti siswa tidak mengirimkan tugas, cara mengajar guru terkesan monoton dan tidak menarik, dan siswa tidak mengikuti proses pembelajaran karena tidak memiliki handphone pribadi. Inilah salah satu penyebab minat belajar siswa selama pandemi Covid-19 cenderung menurun. Oleh karenanya perlu keativitas guru dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 3 (empat) rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana kreativitas guru pendidikan agama Islam di masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kramat ?, 2) Bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI di masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kramat ?, 3) Mengapa kreativitas guru pendidikan agama Islam diperlukan dalam membina minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kramat ?. Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah (1) Menganalisis tentang kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19, (2) Menganalisis tentang minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI di masa pandemi Covid-19, dan (3) Menganalisis tentang kreativitas guru pendidikan agama Islam diperlukan dalam membina minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kramat kabupaten Tegal. Metode penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang diperoleh dipaparkan secara terperinci sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik yang ditetapkan sebagai informan. Tehnik keabsahan data peneliti menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan simpulan serta menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kreativitas guru PAI di masa pandemi Covid-19 ditunjukkan dengan kemampuan yang dimilikinya, antara lain: a) kelancaran berpikir guru PAI dalam menangani masalah belajar siswa; b) keluwesan guru PAI dalam menggunakan metode dan media pembelajaran; c) guru PAI melakukan elaborasi dengan mengikuti kegiatan seperti pelatihan, workshop dan forum MGMP; dan d) orisinalitas dalam menyusun rencana pembelajaran (RPP), (2) Minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI di masa pandemi Covid-19 dapat dikatakan cukup bagus, hal ini terlihat dari sikap siswa yang senang saat pembelajaran tatap muka terbatas, perhatian siswa terfokus pada pembelajaran, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.dan (3) Kreativitas guru PAI berperan penting dalam pembelajaran supaya siswa semangat dalam belajar. Kreativitas yang guru lakukan seperti memilih metode yang tepat sesuai materi, dan mengadakan variasi saat menggunakan metode dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Minat Belajar, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:10
Last Modified: 08 Feb 2023 05:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item