Faridah, Faridah (2022) Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Pada Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru di MI Negeri 2 Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (14MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Latar belakang penulisan tesis ini adalah adanya kepala madrasah perempuan yang pada umumnya dijabat oleh laki-laki. Berdasarkan observasi para guru memiliki keberagaman usia dan background pendidikan yang berbeda-beda, sehingga perlu adanya pembinaan khususnya kompetensi pedagogik guru dengan pendekatan bercirikan feminisme. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana implementasi kepemimpinan kepala madrasah perempuan pada pembinaan kompetensi pedagogik guru di MI Negeri 2 Batang? 2. Mengapa kepemimpinan kepala madrasah perempuan diimplementasikan pada pembinaan kompetensi pedagogik guru di MI Negeri 2 Batang? Tujuan yang hendak dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah 1. Untuk menganalisis kepemimpinan kepala madrasah perempuan pada pembinaan kompetensi pedagogik guru di MI Negeri 2 Batang, dan 2. Untuk menganalisis kepemimpinan kepala madrasah perempuan diimplementasikan pada pembinaan kompetensi pedagogik guru di MI Negeri 2 Batang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diolah menjadi sebuah informasi. Adapun dalam tahapan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah perempuan adalah demokratis dan gaya kepemimpinanya dipengaruhi oleh faktor eksternal meliputi pendidikan, bakat, pengalaman organisasi, dukungan dari keluarga terutama suami dan anak-anak. Faktor internal berupa faktor genetika tidak berpengaruh sama sekali. Faktor-faktor kepemimpinan kepala madrasah perempuan diimplementasikan pada pembinaan kompetensi pedagogik guru dikarenakan adanya faktor kebutuhan dan kesempatan untuk menjadi pemimpin. Model pembinaan kompetensi pedagogik guru meliputi model supervisi, model meeting dan rapat koordinasi berkala, desiminasi, program gerakan literasi madrasah, dan bekerjasama dengan pihak lain yaitu Penyuluh Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Perempuan, Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik, Guru | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 05:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 05:13 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2800 |
Actions (login required)
View Item |