Peran Manajemen Boarding School Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan

Iqlima, Putri (2022) Peran Manajemen Boarding School Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan tesis ini adalah adanya dekadensi moral yang merupakan permasalahan yang sudah menjamur, membuat sebuah lembaga pendidikan memiliki peran yang besar dalam membina generasi dinegeri ini. Salah satu lembaga yang memperhatikan hal tersebut adalah MAN Insan Cendekia Pekalongan, maka peran manajemen boarding school dalam membinaan karakter religius benar-benar harus diperhatikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: pertama, apa peran manajemen boarding school untuk membina karater religius terhadap peserta didik di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Kedua, bagaimana implementasi manajemen boarding school ketika membina karakter religius peserta didik di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Ketiga, apa implikasi adanya manajemen boarding school untuk membina karakter religius peserta didik di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran manajemen boarding school untuk membina karakter religius terhadap peserta didik di MAN Insan Cendekia Pekalongan, untuk menganalisis implementasi manajemen boarding school ketika membina karakter religius peserta didik di MAN Insan Cendekia Pekalongan, dan untuk menganalisis implikasi adanya manajemen boarding school untuk membina karakter religius peserta didik di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Meode penelitian yang digunakan yaitu penelitian jenis lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data bersal dari data primer, seperti: kepala sekolah, pendidik, pembina asrama, dan peserta didik. Serta data sekunder berupa dokumen-dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian data dengan teknik triangulasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu Data Collection (Koleksi data), Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian data), dan Conclusing Drawing (penarikan simpulan). Hasil penelitian ini yaitu peran manajemen boarding school dalam membina karakter religius peserta didik di MAN Insan Cendekia begitu penting untuk mengimplementasikan tujuan lembaga sesuai visi misi mandrasah. Pelaksanaan manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Manajemen boarding school dalam membina karekter religius berimplikasi terhadap peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Boarding School, Karakter Religius, Peserta Didik, madrasah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:15
Last Modified: 08 Feb 2023 05:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2802

Actions (login required)

View Item View Item