Implementasi Penilaian Psikomotorik Pembelajaran PAI Sebagai Upaya Membina Kualitas Shalat Siswa Kelas VII di SMP N 6 Kota Pekalongan

Primadasa, Hanifah Prameswari (2022) Implementasi Penilaian Psikomotorik Pembelajaran PAI Sebagai Upaya Membina Kualitas Shalat Siswa Kelas VII di SMP N 6 Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Domain psikomotorik lebih mengorientasikan pada proses tingkah laku atau pelaksanaan, di mana sebagai fungsinya adalah untuk meneruskan nilai yang terdapat dalam kognitif kemudian diinternalisasikan melalui afektif sehingga mengorganisasi dan diaplikasikan dalam bentuk nyata oleh domain psikomotorik. Kurikulum merdeka menekankan untuk mewujudkan pelajar dengan profil pancasila, sehingga implementasi penilaian psikomotorik dapat menghasilkan peserta didik dengan kualitas shalat yang baik sesuai dengan rukun-rukun shalat. Ada apaun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu membahas tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari penilaian psikomotorik pada pembelajaran PAI dalam membina shalat siswa kelas VII di SMP N 6 Kota Pekalongan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari penilaian psikomotorik pembelajaran PAI dalam membina shalat siswa kelas VII di SMP N 6 Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pembambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman. Menurut Miles dan Huberman analisis data meliputi: (1) reduksi data, (2) display/penyajian data, dan (3) mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI melaksanakan perencanaan penilaian psikomotorik dengan membuat tujuan pembelajaran, menyiapkan media ajar, dan menyusun instrumen penilaian. Guru PAI melaksanakan praktik shalat di musholla sekolah dengan sistem langsung menegur siswa ketika menemui kesalahan. Evaluasi penilaian psikomotorik yang dilakukan oleh guru PAI setelah dilakukan praktik shalat digunakan untuk mengetahui apakah peserta didik telah menguasai pengetahuan yang diberikan oleh guru, untuk mengetahui kelemahan peserta didik, sebagai sasaran umpan balik guru yang bersumber dari siswa, untuk mengetahui perkembangan belajar siswa. Kendala pada penelitian ini ditemukan bahwa guru PAI kelas VII tidak melakukan tindak lanjut pemantauan shalat dirumah setelah dilaksanakannya praktik shalat.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penilaian Psikomotorik, Pembelajaran PAI dan Kualitas Shalat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:16
Last Modified: 08 Feb 2023 05:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item