Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Pada Siswa SD N 01 Sampangan Pekalongan

Al Fariz, Farah Adiba (2022) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Pada Siswa SD N 01 Sampangan Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan bagian yang sangat penting untuk membentuk karakter anak bangsa. Guru harus menjadi panutan bagi semua siswa dalam membina sikap toleransi antar umat beragama. Dalam proses pembelajaran PAI ada tiga fase yang harus diperhatikan oleh seorang pendidik diantaranya Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Melalui Pembelajaran PAI, diharapkan siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menyadari adanya kebhinekaan, toleransi dan saling menghormati, serta tidak ada diskriminasi yang mengarah pada kekerasan, perkelahian, konflik dan penindasan antar sesama. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran PAI untuk membentuk sikap toleransi antar umat beragama pada siswa SD N 01 Sampangan Pekalongan?, (2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran PAI untuk membentuk sikap toleransi antar umat beragama pada siswa SD N 01 Sampangan Pekalongan?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI untuk membentuk sikap toleransi antar umat beragama pada siswa SD N 01 Sampangan Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis perencanaan pembelajaran PAI untuk membentuk sikap toleransi antar umat beragama pada siswa SD N 01 sampangan pekalongan, (2) Untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran PAI untuk membentuk sikap toleransi antar umat beragama pada siswa SD N 01 sampangan pekalongan, (3) Untuk menganalisis evaluasi pembelajaran PAI untuk membentuk sikap toleransi antar umat beragama pada siswa SD N 01 sampangan pekalongan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam rangka membentuk sikap toleransi antar umat beragama pada siswa SD N 01 Sampangan Pekalongan adalah: (1) Perencanaan, dilakukan dengan membuat silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai kurikulum yang digunakan dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa. (2) Pelaksanaan, dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas dan di luar kelas. (3) Evaluasi, memperoleh hasil sebagai berikut Meningkatkan rasa persaudaraan, rasa nasionalisme, kekuatan dalam iman, Memudahkan mencapai kata mufakat dan pembangunan Negara.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sikap toleransi antar umat beragama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:23
Last Modified: 08 Feb 2023 05:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item