Zulaikha, Dewi (2014) Studi Komparasi Motivasi Belajar Siswa yang Mengikuti Program Kelas Unggulan dan Non Unggulan di MTs Al-Islam Limpung Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2021110330 DEWI ZULAIKHA BAB 1 - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
2021110330 DEWI ZULAIKHA BAB 1, V DAN LAMP_1.PDF Download (5MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar dikelas selalu menuntut adanya motivasi dalam diri setiap anak didik. Keberadaan motivasi dalam proses belajar mengajar merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi seluruh aspek-aspek pembelajaran. Dalam proses pembelajaran tersebut sekolah melakukan proses usaha untuk mendidik dan memotivasi anak agar lebih bersemangat dan giat belajar. Penulis mengajukan permasalahan bagaimana motivasi belajar siswa yang mengikuti program kelas unggulan, bagaimana motivasi belajar siswa non unggulan, dan bagaimana tingkat perbedaan motivasi belajar siswa yang mengikuti program kelas unggulan dan non unggulan di MTs Al-Islam Limpung Kabupaten Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripkan tingkat perbedaan motivasi belajar siswa yang mengikuti program kelas unggulan dan non unggulan. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan wacana bahwa program kelas unggulan dibutuhkan untuk memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research Yang difokuskan pada studi kasus. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan metode analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis komparasional test "", Dari hasil penelitian di lapangan, penulis membuat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan mean yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang mengikuti program kelas unggulan dan non unggulan di MT's Al-Islam Limpung kabupaten Batang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan teknik analisis tes "t", dan didapat to 5.25, sedangkan t, pada taraf signifikansi 5% adalah 2,01 dan pada taraf 1% adalah 2,68. Dengan demikian nilai fot (5,25 2,01 2,68). Ini berarti Ha diterima terdapat perbedaan mean yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang mengikuti program kelas unggulan dan non unggulan di MTs Al-Islam Limpung Kabupaten Batang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar Program kelas unggulan Non unggulan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:42 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2905 |
Actions (login required)
View Item |