Penggunaan metode pembiasaan dalam menghafal doa harian di KB Albarokah Kuripan Pekalongan Selatan

Izzah, Nailatul (2016) Penggunaan metode pembiasaan dalam menghafal doa harian di KB Albarokah Kuripan Pekalongan Selatan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111288 NAILATUL IZZAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text
2021111288 NAILATUL IZZAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan cara pengembangan potensi yang dimiliki oleh manusia. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggungjawab penuh dalam menjalankan amanat pendidikan. Pendidikan Anak usia dini yang merupakan lembaga pendidikan yang pertama, keberadaannya sangat strategis untuk menumbuhkan jiwa keagamaan kepada anak-anak, agar mereka menjadi orang-orang yang taat, terbiasa, dan peduli terhadap segala aturan agama yang diajarkan kepadanya. Berdoa adalah salah satu perintah Allah SWT dalam Al Qur'an kepada manusia. Untuk bisa menghafalkan, malafalkan dan mengamalkan doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan proses. Untuk itu penanaman doa pada anak usia dini itu sangatlah penting sekali. Hal inilah yang diajarkan di KB Al Barokah Kuripan Pekalongan Selatan. Rumusan masalah penelitian bagaimana penggunaan metode pembiasaan dalam menghafal do'a harian dan faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan metode pembiasaan dalam menghafal doa harian di KB Al Barokah Kuripan Pekalongan Selatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui aplikasi metode pembiasaan dalam menghafal do'a harian serta untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan metode pembiasaan dalam menghafal doa harian di KB Al Barokah Kuripan Pekalongan Selatan. Kegunaan penelitian sebagai wawasan dan wacana bahwa pentingnya pendidikan agama sejak usia dini diantaranya dengan mengenalkan anak pada do'a harian. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan field research. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan ekunder. Sumber data primer kepala sekolah, guru dan peserta didik di KB Al Barokah Kuripan Pekalongan Selatan, sumber data sekunder buku-buku kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan model teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif atau disebut dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: dengan melalui berbagai tahapan dalam menghafal doa harian anak di KB Al Barokah Kuripan Pekalongan Selatan yakni melalui pembiasaan pembacaan doa harian ditiap pagi sebelum pembelajaran dan pembiasaan ditiap kegiatan serta evaluasi pada akhir pembelajaran, didapati hasil bahwa setiap harinya mengalami peningkatan baik dari jumlah anak yang hafal maupun kefasihan anak melafalkan doa harian. Faktor yang mendukung dalam pembelajaran adalah dukungaan orang tua dan sarana sedangkan faktor penghambatnya adalah dari segi waktu, kondisi alam dan warga belajar yang terkadang kurang mendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Menghafal doa harian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:50
Last Modified: 24 Oct 2023 06:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item