Implementasi Penggunaan Kartu Prestasi Siswa Pada Pembelajaran BTQ (Studi Pada Siswa Kelas Vi di SDN Poncol 02 Pekalongan).

Fahmi, M. Haris (2014) Implementasi Penggunaan Kartu Prestasi Siswa Pada Pembelajaran BTQ (Studi Pada Siswa Kelas Vi di SDN Poncol 02 Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2021110323 M HARIS FAHMI BAB 1 - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text
2021110323 M HARIS FAHMI BAB 1, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Baca Tulis Huruf Al Qur'an adalah bagian dari mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar yang diajarkan dengan tujuan agar anak dapat membaca dan menulis huruf Al Qur'an. Sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal di sekolah, pembelajaran BTQ memerlukan suatu bentuk penilaian, salah satunya menggunakan Kartu Prestasi Siswa. Penggunaan penilaian dengan menggunakan kartu prestasi siswa telah digunakan dalam sistem penilaian privat (individual) dalam pembelajaran membaca Al Qur'an. Secara umum kartu prestasi siswa adalah kartu penilaian individual siswa dalam membaca halaman- halaman jilid metode praktis belajar membaca Al Qur'an. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan Kartu Prestasi Siswa di SDN Poncol 02 Pekalongan? dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan Kartu Prestasi Siswa pada pembelajaran BTQ di SDN Poncol 02 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan memaparkan tentang penggunaan Kartu Prestasi Siswa dalam Pembelajaran BTQ di SDN Poncol 02 Pekalongan, dan Untuk mengetahui dan memaparkan bagaimana implementasi penggunaan Kartu Prestasi Siswa di SDN Poncol 02 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah Penelitian ini dapat dijadikan sebagai wawasan ilmu pengetahuan, khususnya pada pembelajaran BTQ, Sebagai bahan perhatian bagi umat Islam akan pentingnya pendidikan Al Qur'an bagi anak, Sebagai bahan evaluasi bagi para pengelola atau penyelenggara pembelajaran BTQ dalam meningkatkan proses belajar mengajar yang baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pernyataan atau kata- kata deskriptif atau kata-kata tertulis yang berasal dari sumber data yang diteliti dan diamati agar lebih mudah dipahami. Penelitian yang akan dilakukan termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kartu Prestasi Siswa memiliki peran yang sangat besar, diantaranya memudahkan guru BTQ memberikan penilaian, meningkatkan minat dan semangat siswa dalam belajar membaca Al Quran, serta memudahkan orang tua dalam memantau perkembangan putra-putri mereka pada pembelajaran BTQ. Beberapa faktor yang mendukung penggunaan Kartu Prestasi Siswa pada pembelajaran BTQ antara lain, banyak siswa yang mengikuti pembelajaran BTQ, adanya guru yang profesional, dan kesadaran siswa akan pembelajaran BTQ semakin meningkat. Sedangkan diantara beberapa faktor yang menghambat adalah keterbatsan waktu pembelajaran BTQ dan keterbatasan Kartu Prestasi Siswa yang disediakan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kartu prestasi siswa Pembelajaran BTQ
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:35
Last Modified: 18 Oct 2023 07:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item View Item