Peranan Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Al-Qur'an Anak di TPQ Al-Falah Rembun Kecamatan Siwalan

Faizah, Nur (2015) Peranan Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Al-Qur'an Anak di TPQ Al-Falah Rembun Kecamatan Siwalan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman wahid pekalongan.

[img] Text
2021110347 NUR FAIZAH 1-V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
2021110347 NUR FAIZAH 1, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Al-Qur'an adalah kitab suci yang memuat berbagai petunjuk untuk kehidupan manusia. Belajar bukanlah satu hal yang sederhana. Belajar merupakan hal edukatif. Karena pentingnya belajar membaca Al-Qur'an sebagai orang tua hendaknya dapat memotivasi anak-anak membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Motivasi orang tua merupakan dorongan terhadap anaknya bagaimana supaya lebih bersemangat dalam belajar membaca Al-Qur'an.TPQ Al-Falah merupakan pendidikan non formal untuk belajar membaca Al-Qur'an. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain bagaimana peranan dan hambatan orang tun dalam memotivasi anak belajar membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Falah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan dan hamabatan orang tua memotivasi anaknya untuk belajar Al-Qur'an di TPQ Al-Falah. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai salah satu informasi untuk mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Ilmu Tarbiyah sebagaimana akan menjadi orang tua untuk anak-anaknya, untuk membimbing putra-puterinya untuk semangat belajar, mengembangkan alternatif baru ketika orang tua memberikan motivasi belajar membaca Al-Qur'an, dan menambah khazanah ilmu pengetahuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang mengambil objek penelitian di Taman Pendidikan Al-Falah (TPQ) Al-Falah Desa Rembun, Kec. Siwalan Kab. Pekalongan, Sumber data ada 2 yaitu: primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisanya menggunakan metode deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua memberikan motivasi membiasakan anaknya untuk rajin belajar membaca Al-Qur'an, memberikan hadiah, pujian dan penambahan uang jajan, supaya mereka mau belajar membaca Al-Qur'an. Sedangkan hambatan ada 3 yaitu: lingkungan, faktor intern, dan minimnya pengetahuan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Belajar Al-Qur'an motivasi TPQ Al-Falah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:38
Last Modified: 18 Oct 2023 07:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item