Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik SMP N 5 Pekalongan

Suraya, Nailis (2015) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik SMP N 5 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2021111068 NAILIS SURAYA 1-V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
2021111068 NAILIS SURAYA 1, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Melihat kondisi pelajar SMP N 5 Pekalongan yang ketika pulang sekolah. beberapa dari mereka ada yang tidak pulang langsung ke rumah tetapi malahan bermain dahulu di daerah sekitar rel kereta api. Dan hal yang paling diherankan tidak hanya peserta didik laki-laki saja yang main di rel kereta api tetapi peserta didik yang perempuan pun juga ada yang ikut ke sana. Peristiwa seperti inilah yang ditakutkan karena hal ini bisa merusak citra peserta didik itu sendiri. Dan memang kalau dilihat sendiri kesannya tidak baik serta tidak menunjukkan karakter peserta didik yang Islami. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan permasalahan tentang bagaimana strategi guru PAI dalam membentuk karakter Islami peserta didik SMP N 5 Pekalongan? jenis-jenis karakter Islami apa saja yang dikembangkan guru PAI pada peserta didik SMP N 5 Pekalongan? apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membentuk karakter Islami peserta didik SMP N 5 Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam membentuk karakter Islami peserta didik SMP N 5 Pekalongan, untuk mendeskripsikan Jenis-jenis karakter Islami yang dikembangkan guru PAI pada peserta didik SMP N 5 Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membentuk karakter Islami peserta didik SMP N 5 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini dapat memberikan wacana. tentang strategi guru PAI dalam membentuk karakter Islami peserta didik bagi guru PAI, dapat memberikan kontribusi positif bagi kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan, dan dapat dijadikan wacana bagi orang tua dalam membentuk karakter Islami anak-anak mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode berpikir induktif yaitu suatu cara berpikir yang dimulai dari pengamatan fenomena-fenomena secara empiris, kemudian mempolakan atau menafsirkan hasil penelitian dan diinterpretasikan atau dimaknai sebagai kesimpulan untuk membangun teori dan hipotesis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru PAI, Karakter Islami
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:42
Last Modified: 12 Jul 2023 02:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item