Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan, Pengalaman Berbelanja, Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Muslim Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Dalam Penggunaan Online Shop

Fitriya, Anita Nur (2022) Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan, Pengalaman Berbelanja, Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Muslim Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Dalam Penggunaan Online Shop. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

ANITA NUR FITRIYA, Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan, Pengalaman Berbelanja dan Kualitas Produk terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Muslim Kecamatan Bandar Kabupaten Batang dalam Penggunaan Online Shop. Pemenuhan kebutuhan manusia kini lebih dipermudah melalui teknologi masa kini yaitu internet. Salah satu bentuk kegiatan pemenuhan kebutuhan dengan internet adalah kegiatan konsumsi melalui online shop.Berdasarkan survei lembaga snapcart mengatakan bahwa generasi muda menjadi konsumen paling banyak dalam melakukan pembelian melalui online shop. Secara umum remaja melakukan pembelian tidak didasarkan atas tingkat kebutuhan, tetapi menuruti hawa nafsu yang akhirnya membuat mereka menghambur-hamburkan uang dan boros atau biasa disebut sebagai perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas informasi, kepercayaan, pengalaman berbelanja, dan kualitas produkterhadap perilaku konsumtif remaja muslim Kecamatan Bandar Kabupaten Batang dalam penggunaan online shop. Penelitian ini termasuk causal research menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik probability samplingyaitucluster area (sampel menurut daerah) dengan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, sedangkan variabel kualitas informasi, pengalaman berbelanja dan kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kemudian variabel kualitas informasi, kepercayaan, pengalaman berbelanja, dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif remaja muslim kecamtan Bandar dalam penggunaan online shop. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai koefisien determinasi (Adjusted R square) sebesar 0,576 yang artinya empat variabel independen memberikan pengaruh sebesar 57,6% terhadap perilaku konsumtif sedangkan sisanya 42,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Informasi, Kepercayaan, Pengalaman Berbelanja, Kualitas Produk dan Perilaku Konsumtif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Depositing User: Anisa Salma
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:39
Last Modified: 18 Oct 2023 07:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item View Item