Strategi Promosi Jasa Pembayaran Tagihan Otomatis (PRaGTis) di Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Layanan Syariah Kantor Kedungwuni

Efendi, A. Wasis (2016) Strategi Promosi Jasa Pembayaran Tagihan Otomatis (PRaGTis) di Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Layanan Syariah Kantor Kedungwuni. Diploma thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012113039 A. WASIS EFENDI COVER, BAB I - V, LAMPIRAN.PDF

Download (7MB)
[img] Text
2012113039 A. WASIS EFENDI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Jasa Pembayaran Tagihan Otomatis (PRaGTis) merupakan jasa layanan pembayaran tagihan yang disediakan oleh Kospin Jasa Layanan Syariah Kantor Kedungwuni. Berbeda dengan pembayaran tagihan pada umumnya, Kospin Jasa Syariah menerapkan sistem dengan cara otomatis dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan pembayaran tagihan. Jasa layanan PRaGTis disediakan oleh Kospin Jasa pada bulan Maret 2016, sehingga perlu dilakukannya strategi promosi untuk jasa layanan baru agar dapat dikenal masyarakat. Kospin Jasa Layanan Syariah Kedungwuni menerapkan strategi bauran promosi dalam kegiatan promosinya yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan informasi dari mulut ke mulut. Tujuan penelitian Tugas akhir ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan Kospin Jasa Layanan Syariah Kantor Kedungwuni dalam memperkenalkan jasa layanan PRaGTis kepada masyarakat dan faktor yang menghambat aktivitas promosi. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang strategi dan faktor penghambat kegiatan promosi jasa layanan PRaGTis serta sebagai tambahan informasi bagi pembaca mengenai kemudahan jasa layanan pembayaran tagihan dengan cara otomatis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fields Research) dengan lokasi di Kospin Jasa Layanan Syariah Kantor Kedungwuni dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data sekunder diperoleh dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kospin Jasa Layanan Syariah Kantor Kedungwuni dalam mempromosikan jasa layanan Pembayaran Tagihan Otomatis (PRaGTis) menggunakan strategi bauran promosi diantaranya periklanan, promosi penjualan, penjualan pribad, hubungan masyarakat dan informasi dari mulut ke mulut (WoM). Namun dalam praktiknya yang lebih terlihat dari kelima sarana bauran promosi tersebut yaitu kegiatan penjualan pribadi (personal selling). Terdapat beberapa faktor penghambat kegiatan promosi disetiap sarana bauran promosi dan belum optimalnya manajemen dalam melakukan kegiatan promosi juga menjadi penghambat kegiatan promosi jasa layanan PraGTis. Dalam kegiatan promosinya Kospin Jasa Layanan Syariah Kantor Kedungwuni belum menerapkan strategi jemput bola, door to door atau surat langsung kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitasari, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nasabah, Strategi, Jasa, PRaGTis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 27 Mar 2023 08:30
Last Modified: 27 Mar 2023 08:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item