Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Media Blok Pecahan Di Kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Maziyah, Nita (2023) Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Melalui Media Blok Pecahan Di Kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Nita Maziyah BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Nita Maziyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Materi pecahan pada mata pelajaran matemaika merupakan materi yang relatif sulit, terlebih untuk siswa inklusi di kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, mereka kesulitan dalam memahami konsep, pemecahan masalah dan operasi hitung pecahan, oleh karena itu sebagai seorang fasilitator, untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswanya, maka digunakan media pembelajaran yaitu blok pecahan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui media blok pecahan pada materi pecahan kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan?. (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi pecahan di kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini (1) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui media blok pecahan pada materi pecahan kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. (2) Mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi pecahan di kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, subjek penelitian yang digunakan adalah guru kelas III dan delapan siswa kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas III di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dapat teratasi dengan penggunaan media blok pecahan, materi pecahan yang sifatnya abstrak menjadi lebih konkrit dengan media blok pecahan, pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan. Adapun faktor�faktor penyebab kesulitan belajar materi pecahan di kelas III MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan terdiri dari faktor internal yakni sikap negatif siswa pada materi pecahan, kesalahan konsep, rendahnya motivasi belajar siswa, kesalahan operasi hitung, dan kondisi tubuh yang tidak opitmal, faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian dari orang tua untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, M.Pd, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, dan Blok Pecahan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:40
Last Modified: 18 Oct 2023 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item