Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku "Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta" Karya Setia Furqon Kholid

Arifah, Kholis (2015) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku "Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta" Karya Setia Furqon Kholid. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111293 KHOLIS ARIFAH BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021111293 KHOLIS ARIFAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Melihat realita remaja sekarang yang sangat memprihatinkan khususnya remaja yang terjebak dengan pacaran sehingga membuat hidup mereka tidak terarah pada sikap yang baik. Apalagi jumlah pemuda yang terlibat dalam seks babas semakin bertambah dan ternyata memang mereka semua pernah pacaran. Jelas saja pacaran menjadi sebuah jalan yang menjerumuskan pelakunya pada perbuatan yang terlarang. Kebanyakan muda-mudi sekarang belum siap menikah sudah pacaran, lalu bermesraan layaknya suami istri. Mereka bilang itu cinta padahal itu syahwat yang menjerumuskan pada maksiat. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan permasalahan tentang bagaimana isi buku Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta karya Setia Furqon Kholid? bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta karya Setia Furqon Kholid? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan isi buku Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta karya Setia Furqon Kholid, dan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta karya Setia Furqon Kholid. Kegunaan penelitian ini sebagai bahan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca mengenai nilai-nilai pendidikan Islam serta memberikan wacana tentang karya sastra Indonesia yang sarat dengan nilai-nilai edukatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research), sumber data penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode contens analisys yaitu dengan mengetahui isi maupun kandungan yang terdapat dalam buku Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta karya Setia Furqon Kholid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta terdapat tiga nilai, diantaranya nilai pendidikan keimanan (aqidah) iman kepada Allah SWT, iman kepada kitab-kitab Allah SWT, iman kepada Rasul-rasul Allah SWT, dan iman kepada qada dan qadar. Nilai pendidikan keibadahan (syariah) yaitu salat, puasa, dan doa. Nilai pendidikan kesusilaan (akhlak) yaitu akhlak kepada Allah SWT yang meliputi takut kepada Allah SWT, taubat, husnuzan, tawakkal, dan niat. Akhlak terhadap makhluk dibagi menjadi tiga, yaitu akhlak terhadap Rasulullah SAW, akhlak terhadap orang tua meliputi berbakti terhadap orang tua, dan kasih sayang orang tua terhadap anak, akhlak terhadap diri sendiri meliputi memuliakan kesucian diri, menutup aurat, ikhlas, sabar, bersyukur, ikhtiar, dan sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Buku Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:18
Last Modified: 26 Oct 2023 07:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item