Pengaruh Label Halal dan Label BPOM terhadap Minat Beli Produk MS Glow dengan Religiositas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Konsumen Perempuan Kabupaten Pekalongan)

Rosjayanti, Oktavia Puja (2023) Pengaruh Label Halal dan Label BPOM terhadap Minat Beli Produk MS Glow dengan Religiositas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Konsumen Perempuan Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
file lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1-5.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Permintaan pasar yang tinggi akan produk kecantikan membuat banyak pesaing bermunculan. Perusahaan kosmetik harus mampu menyusun trik penjualan yang tepat agar produknya mampu meningkatkan minat beli konsumen. Minat beli ialah tahapan dimana konsumen cenderung melakukan tindakan sebelum niat beli terjadi. Label halal dan label BPOM merupakan contoh bentuk atribut produk yang bisa digunakan sebagai media informasi bagi konsumen guna mendapatkan kepercayaan produk. Sebagai seorang muslim yang sewajarnya memiliki sifat religiusitas, sudah seharusnya kita mempertimbangkan aspek maslahah, kehalalan dan kebaikan suatu produk termasuk saat membeli produk kosmetik. Salah satu merek produk kecantikan yang cukup diminati masyarakat Kabupaten Pekalongan ialah MS Glow. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menguji pengaruh label halal dan label BPOM terhadap minat beli produk MS Glow dengan religiusitas sebagai variabel moderasi pada konsumen perempuan Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode probability purposive sampling dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji regresi moderasi, uji hipotesis, sumbangan efektif dan relatif dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial label halal dan label BPOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk MS Glow pada konsumen perempuan Kabupaten Pekalongan. Namun religiusitas tidak mampu memoderasi label halal dan label BPOM terhadap minat beli produk MS Glow pada konsumen perempuan Kabupaten Pekalongan. Akan tetapi nilai R square setelah adanya religiusitas sebagai variabel moderasi mengalami kenaikan sebesar 2,3%. Yang menunjukkan bahwa tingkat religusitas mempengaruhi minat beli konsumen perempuan Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRusyida, Wilda YuliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Label BPOM, Minat Beli dan Religiusitas.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:42
Last Modified: 18 Oct 2023 07:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item View Item