Fenomena Bakar Uang UMKM Batik Kampus kota Pekalongan dalam Perspektif Pemasaran Syariah

Hadikha, Marita (2022) Fenomena Bakar Uang UMKM Batik Kampus kota Pekalongan dalam Perspektif Pemasaran Syariah. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab 1,5.pdf

Download (624kB)
[img] Text
Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki posisi penting dalam hal pemerataan kesejahteraan masyarakat di daerah dan mengurangi kesenjangan pendapatan. UMKM dapat lebih fleksibel beradaptasi terhadap perubahan pasar serta perubahan zaman. Di zaman digitalisasi ini sedang trend e-commerce melakukan “bakar uang” yang memberikan dampak positif bagi pelaku usaha UMKM dalam hal pemasaran yaitu untuk menarik minat banyak pelanggan, menumbuhkan kepercayaan, kenyamanan dan kepuasan konsumen.UMKM Batik Kampus kota Pekalongan melakukan bakaruang, artinya batik Kampus melakukan aktivitas pemasaran yang mengeluarkan biaya lebih besar dari pada pendapatannya. Batik Kampus melakukan bakar uang dengan memberikan harga murah, diskon,cashback dan give away. Selain itu, batik Kampus melakukan promosi jor-joran dengan mengendorse beberapa artis papan atas yang bertarif fantastis. Melihat mayoritas masyarakat Pekalongan adalah muslim, maka perlunya mengetahui fenomena bakar uang UMKM Batik Kampus Kota Pekalongan dengan analisis pemasaran Syariah Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: bagaimana pola bakar uang UMKM ”Batik Kampus” kota Pekalongan, apa dampak fenomena bakar uang terhadap penjualan UMKM ”Batik Kampus” kota Pekalongan, bagaimana analisis bakar uang dalam perspektif pemasaran syariah pada UMKM ”Batik Kampus” kota Pekalongan. Tujuan penelitian adalah: mengeksplanasi pola bakar uang pada UMKM ”Batik Kampus” kota Pekalongan, mengetahui dampak fenomena bakar uang terhadap penjualan UMKM ”Batik Kampus” kota Pekalongan dan menganalisis bakar uang dalam perspektif pemasaran syariah pada UMKM ”Batik Kampus” kota Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah:diharapkan dapat dijadikan rujukan bagi marketer supaya melakukan strategi pemasaran syariah Islam, serta penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam menambah referensi baru dan memperkuat teori yang dilakukan oleh peneliti lain dalam bidang Ekonomi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian fenomenologi yaitu menitik beratkan pada pengalaman hidup manusia (sosiologi). Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini (1) Batik Kampus melakukan bakar uang dengan pola yang tidak menentu tergantung permintaan pasar dan berapa lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan banyak pelanggan. (2) Strategi bakar uang ini berkontribusi dalam penjualan, terutama dapat menaikkan traffic penjualan yang mengakibatkan kenaikan omset dan laba penjualan. (3) Berdasarkan analisis bauran pemasaran syariah, praktik bakar uang yang dilakukan UMKM batik Kampus ada yang sudah sesuai dan ada yang belum sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam dan marketer batik Kampus sudah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuhtarom, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bakar Uang, Pemasaran Syariah
Subjects: 600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management/Manajemen Pemasaran
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 05 May 2023 10:19
Last Modified: 05 May 2023 10:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3072

Actions (login required)

View Item View Item