Implementasi model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan

Sugiyati, Ayu (2019) Implementasi model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan, guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together hanya digunakan beberapa kali pertemuan dalam proses pembelajaran IPS kelas di V, karena guru juga menggunakan model atau metode yang lain yang juga digunakan dalam proses pembelajaran IPS di kelas V. Padahal dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together peserta didik dapat berinteraksi dan berkomunikasi serta bekerja sama dengan peserta didik lain dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “implementasi model cooperative learning tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan”. Permasalahan yang dikaji (1) Bagaimana implementasi model cooperative learning tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pada implementasi model cooperative learning tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan?. Tujuan diadakannya penelitian adalah (1) untuk mengetahui implementasi model cooperative learning tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan, (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pada implementasi model cooperative learning tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan lokasi yang diteliti adalah MIS Duwet Kota Pekalongan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi disertai pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: Pertama, ada tiga langkah yang ditempuh pendidik dalam mengimplementasikan model cooperative learning tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS kelas V di MIS Duwet Kota Pekalongan, antara lain yaitu: 1) perencanaan, pendidik menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran di kelas yaitu materi pembelajaran dan juga media pembelajaran, 2) pelaksanaan, ada dua tahap pelaksanaan: a) penjelasan materi, pendidik menyampaikan pokok-pokok materi atau inti materi pembelajaran kepada peserta didik, b) belajar kelompok, dalam tahap ini pendidik mengimplementasikan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yaitu langkah penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, dan menjawab pertanyaan, 3) penilaian, pendidik menggunakan penilaian kelompok dengan cara perkelompok mengumpulkan lembar jawaban yang kemudian dinilai oleh pendidik. Kedua, faktor pendukung implementasi model cooperative learning tipe numbered heads together dalam pembelajarann IPS kelas V di MIS Duwet Pekalongan, yaitu: adanya buku lembar kerja siswa (LKS), adanya artikel ataupun materi pembelajaran dari internet, adanya sarana dan prasarana seperti media gambar, laptop dan LCD, pendidik sebagai fasilitator dapat membimbing dan memberikan semangat kepada peserta didik. Adapun faktor penghambatnya, yaitu: kurangnya referensi buku paket IPS dan memerlukan alokasi waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model cooperative learning,Tipe numbered heads together, metode pembelajaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 08 May 2020 00:11
Last Modified: 08 May 2020 00:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item