Keterlibatan orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa Tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang

Fitriana, Ana Nur (2012) Keterlibatan orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa Tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (14MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di dunia pendidikan, motivasi belajar memiliki peranan penting dalam mencapai keberhasilan belajar. Seorang siswa yang besar motivasinya akan gigih dan tekun dalam usahanya mencapai tujuan yang diharapkan. Motivasi belajar antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya berbeda. Siswa tunagrahita SLB Negeri 2 Pemalang terutama tingkat SMP cukup berprestasi dalam bidang non akadernik, tetapi dalam bidang akademik sebagian siswa belum bisa memperoleh nilai yang memuaskan. Keterlibatan orang tua penting dalam membangun motivasi belajar mereka. Permasalahannya, bagaimana motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang? Bagaimana keterlibatan orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang? Faktor-faktor apa saja yang menipengaruhi orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat S:tv1P SLB Negeri 2 Pemalang? Tujuan pene1itian ini adalah mengetahui motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang, mengetahui keterlibatan orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang, dan faktorfaktor yang mernpengaruhi keterlibatan orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif, yaitu gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual , akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan fenomena yang diteliti. Dalam mengolah dan mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat Siv1P SLB Negeri 2 Pemalang cukup baik. I-Ianya saja pada sisi kemampuan intelektual dan ketepatan datang ke sekolah masih ada beberapa hambatan. Keterlibatan orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang cukup baik. Hanya saja masih ada beberapa orang tua yang belum rutin atau jarang bekerjasama dengan sekolah't Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita tingkat SMP SLB Negeri 2 Pemalang yaitu pemahaman tentang pentingnya peran orangtua terhadap pendidikan siswa tunagrahita, harapan terhadap siswa tunagrahita, persepsi terhadap keterbatasan siswa tunagrahita, Persepsi terhadap sekolah bagi siswa tunagrahita, pola asuh orang tua terhadap siswa tunagrahita, dan kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Siswa Tunagrahita, Motivasi Belajar, Keterlibatan Orang Tua.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:02
Last Modified: 18 Jul 2023 04:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3122

Actions (login required)

View Item View Item