Presepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) STAIN Pekalongan tahun 2011/2012

Rizkiyani, Dini (2012) Presepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) STAIN Pekalongan tahun 2011/2012. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (14MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Istilah persepsi adalah digunakan untuk mengungkapkan tentang pengalaman terhadap sesuatu benda atau sesuatu yang dialami. Dalam kamus standar dijelaskan bahwa persepsi dianggap sebagai sebuah pengaruh ataupun sebuah kesan oleh benda yang semata• mata menggunakan pengamatan penginderaan, persepsi ini didefinisikan sebagai proses yang menggabungkan dan mengorganisasikan data-data indera (penginderaan) untuk dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat menyadari keadaan sekelilingnya. Kompetensi guru adalah kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban• kewajibannya secara bertanggungjawab dan layak. Kompetensi guru berperan penting dalam kegiatan dan basil belajar siswa. Proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah, pola struktur dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing siswa. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran. Kompetensi tersebut merupakan kualifikasi guru yang terpenting. Sebagai calon seorang guru mahasiswa PPL harus memiliki kedua kompetensi tersebut, agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Unuk maksud ini peneliti hendak meneliti kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan Bagaimana persepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012. Metode penelitian ini meliputi desain penelitian, di mana penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan penelitiannya adalah penelitian lapangan, sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 17 Pekalongan yang berjumlah 56 siswa. Sementara teknik pengumpulan datanya adalah angket, observasi, dokumentasi, clan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan model analisis data prosentase. Dari penelitian yang dilakukan penulis Persepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012 adalah "cukup baik", hal ini dibuktikan dari hasil keseluruhan perhitungan persentase alternatif jawaban angket tentang persepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012, diketahui bahwa responden yang memiliki alternatif jawaban "sering" sebesar 65% adalah jawaban yang paling banyak. Jika dikonsultasikan dengan tabel patokan nilai P, maka nilai P 65% berarti "cukup balk", Jadi altematif jawaban "sering" sebesar 65% berarti cukup baik. Sehingga hipotesa yang penulis ajukan "pesepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan" adalah cukup baik dapat diterima kebenarannya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi dan Kompetensi Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:02
Last Modified: 26 Jul 2023 02:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item