Pengaruh model pembelajaran tematik pada materi PAI terhadap prestasi hasil belajar peserta didik SD negeri 09 Petarukan kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang

Istikomah, Istikomah (2010) Pengaruh model pembelajaran tematik pada materi PAI terhadap prestasi hasil belajar peserta didik SD negeri 09 Petarukan kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (11MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pemelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa, Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengctahui pcngaruh model pembelajaran tcmatik pada materi PAl terhadap prestasi basil belajar siswa di SD Negeri 09 Petarukan. Dan penelitian ini diharapkan mempunyai kegunaan sebagai bahan pertimbangan bagi para guru dalam memberikan suatu pelajaran kepada peserta didik, sebagai bahan metode dalam pengajaran bagi guru tcntang proses pembelajaran PAI 'terhadap prestasi belajar peserta didik, untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengekspresikan kelebihannya terhadap prestasi ~aj~ . Metodologi yang dipakai dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kolerasional, pcndekatan kuantitatif yaitu variabel. Pertama metodc pembelajaran tematik pada materi PAI dan kedua prestasi basil belajar siswa, Subjek dari penelitian ini adalah siswa SD Negeri 09 Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, yang berjumlah 165 clan scbagai sampclnya adalah siswa siswi kelas III yang bcrjumlah 34~ Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) Angket dan 4) Dokumentasi. Data basil penelitian dianalisis secara deskriptif. Setelah menyebarkan angket tentang metode pcmbelajaran tematik pada materi PAI, maka basil tersebut dianalisis dcngan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment, dari hasil penyebaran angket, maka didapatkan basil 0,699. Dengan memeriksa tabel nilaiJrtl product moment ternyata bahwa nilai N sebesar 34, pada taraf signifikan 5% iperolch r tabel sebesar 0,339 sedangkan pada taraf 1% cliperoleh r tabel 0,436. Dengan dernikian dibandingkan dengan taraf signifikan baik 5% manpun 1% tcmyata nilai r cmpiris berada jauh di atas • kedua nilai tabel korelasi 5% :::= 0,339 < 0,699 dan dalam taraf signifikan 1% = 0,436 < 0~699. Ini berarti tcrdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y dcngan nilai pcngaruh antara variabel X. dan Y sebesar 48,86%. Kesimpulannya bahwa terdapat hubungan antara metode pembelajaraa tematik pada matcri PAJ dan prcstasi basil belajar siswa SD Negeri 09 Petarukan. Berdasarkan hipotesis yang peneliti ajukan dan basil penelitian yang diperoleh, maka terbukti ada pcngaruh yang signifikan antara pengarub model pembclajaran tcmatik pada matcri P Al dengan prestasi basil bclajar peserta didik SD Negeri 09 Pctarukan Kee. Petarukan Kab. Pemalang. Artinya bahwa jika semakin baik penerapan model pembelajaran tematik pada materi PAI maka semakin baik prestasi basil belajar peserta didik SJ) Negcri (}9 Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang yang mereka peroleh .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik Prestasi Basil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:03
Last Modified: 26 Jul 2023 02:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3137

Actions (login required)

View Item View Item