Pengembangan profesionalitas guru di Madrasah ibtidaiyah Salafiyah desa Sngon kecamatan Subah kabupaten Batang

Kholifatun, Kholifatun (2014) Pengembangan profesionalitas guru di Madrasah ibtidaiyah Salafiyah desa Sngon kecamatan Subah kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (16MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Profesionalitas dalam mengaiar bagi seorang guru harus terus ditingkatkan karena guru merupakan orang yang bertanggung jawab dalam mendidik, mengajar, dan melatih murid-muridnya dengan berbagai cara. Dengan adanya sertifikasi diharapkan dapat diciptakan tenaga pengajar professional yang relevan dengan mata pelaiaran yang diampunya serta menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana profesionalitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Desa Sengon? Apa upaya pengembangan profesionalitas guru di Madrasah lbtidaiyah Salafiyah Desa Sengon? Faktor apa saja yang menduk.ung dan menghambat pengembangan prof esionalitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Desa Se11go11'?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prof esionalitas guru di Madrasah lbtidaiyah Salafiyah Desa Seng on, untuk mengetahui upaya pengembangan profesionalitas guru di Madrasah lbtidaiyah Salafiyah Desa Sengon, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan prof csionalitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Desa Sengon. Kegunaan penelitian secara teoritis adalah untuk menambah khazanah ilmu-ilmu pendidikan khususnya di bidang peningkatan kompetensi guru da1am membimbing siswa belajar. Tujuan penelitian secara praktis memberikan masukan kepada guru di Madrasah lbtidaiyah Salafiyah Desa Sengon tentang cara dan upaya agar mereka Iebih memperhatikan pola pendidikan dan profesionalitasnya dalam mengajar. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian 111c.11u11jukka11 bahwa: Pertama, Profesionalitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Desa Sengon, yaitu: mampu mengelola pembelajaran dengan baik, mampu memahami peserta didik, mampu merancang pembelajaran, mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, dan mampu memanfaatkan teknologi pembelajaran. Kedua, Upaya pengembangan profesionalitas guru di Madrasah lbtidaiyah Salafiyah Desa Sengon, yaitu: mengikuti seminar pelatihan dan pendidikan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan maupun perguruan tinggi, mengaktifkan guru da1am kegiatan ekstrakurikuler, mengaktifkan guru dalam rapat sekolah, baik yang melibatkan komite sekolah maupun wali murid, melibatkan semua guru dalam kegiatan di sekolah. Ketiga, Faktor yang mendukung pengembangan profesionalitas guru di Madrasah lbtidaiyah Salafiyah Desa Sengon, yaitu: adanya motivasi guru untuk maju, adanya pelatihan dan pendidikan bagi guru, dan siswa yang patuh dan mudah diatur. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu: watak atau tabiat dan kepribadian guru yang berbeda-beda, kurangnya komunikasi dan kerjasama antara guru dan wali siswa, kurangnya dana kegiaian, dan kesibukan guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Profesionalitas Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:03
Last Modified: 26 Jul 2023 02:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item