Piningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui Penreinforcoment siswa kelas IV SD Negeri 05 Sragi semester II tahun ajaran 2010/2011

Khusnun, Khusnun (2012) Piningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui Penreinforcoment siswa kelas IV SD Negeri 05 Sragi semester II tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (11MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Peningkatan prestasi merupakan sesuatu yang penting dalam pendidikan dan pengajaran agama Islam. Peningkatan prestasi belajar ditentukan kecakapan pengajar dalam membimbing siswa, Upaya untuk: meningkatkan prestasi belajar siswa salah satunya adalah dengan menggunakan pemberian reinforcement. Hal ini bertuiuan untuk memberikan penguatan atas perbuatan siswa sebagai dorongan motivasi agar siswa lebih aktif berpartisipasi dalam Interaksi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana penerapan reinforcement kepada siswa kelas IV dalam pelajaran PAl di SD Negeri 05 Sragi? 2. Bagaimanakah pengaruh reinforcement terhadap peningkatan prestasi be\ajar siswa kelas IV dalam proses pembelajaran PAI di SD Negeri 05 Sragi? 3. Bagaimana efektivitas peningkatan prestasi belajar melalui reinforcement? Adapun tujuan penelitian ini adalah I. Untuk mengetahui penerapan reinforcement pada pembelajaran PAI siswa kelas IV di SD Negeri 05 Sragi. 2. Untuk mengetahui pengaruh reinforcement terhadap peningkatan motivasi siswa kelas IV dalam proses belajar mengajar PAI di SD Negeri 05 Sragi. 3. Untuk mengetahui efektivitas peningkatan prestasi belajar melalui reinforcement. Hasil penelitian ini diharapakan 1. Dapat memberikan gambaran mengenai pengaruh penggunaan reinforcement dalam memovitasi siswa dalam belajar mata pelajaran PAI. 2. Memberi masukan bagi peningkatan kualitas proses belajar mengajar melalui metode reinforcement. Metode yang dipakai adalah metode mengajar model pembelajaran menggunakan reinforcement, dengan pendekatan psikologi perkembangan anak, jenis penelitian Iapangan, taknik pengumpulan data melalui metode dol'lllmmtasi, dan cara analisis datanya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan pengaruh penggunaan reinforcement dalam meningkatkan prestasi belajar besar pengaruhnya. Hal ini terlihat bahwa rata-rata skor kelas IV sebesar 85,19, dan tanpa reinforcement sebesar 77,77. Sekor tertinggi dengan reinforcement adalah 100 dan terendah 72. Adapun tanpa reinforcement skor teringgi 90; skor terendah 60. Hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 4,792. Sedangkan harga ttab1e dengan dk = (Nl + N2 - 2 = (31 + 31) - 2 = 60 pada taraf signifikan 5% sebesar 1,684. Ternyata jika dibandingkan hasilnya adalah thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang berbunyi "penggunaan menu reinforcement lebih efektif daripada pembelajaran tanpa menggunakan metode reinforcement daJam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri 05 Sragi tahun 2010/2011'' dapat diterima atau signiftkan .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: prestasi, belajar, reinforcement, siswa, pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:03
Last Modified: 26 Jul 2023 02:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item