Khasanah, Minkhatul (2007) Pengaruh pemdidikan Al-Qur'an TPQ terhadap perkembangan keagamaan anak (Studi kasus di TPQ Darussalam Samborejo Tirto Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (11MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Taman Pendidikan Al Qur'an merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pengajaran Islam sebagai sarana belajar bagi anak-anak untuk mendalami dan memahami Al Qur'an, Aktifitas belajar Al Qur'an sebaiknya dimulai pada masa kanak-kanak sebab pada masa itu terkandung potensi belajar yang sangat besar. Mengingat pentingnya pengajaran tersebut maka bermunculan lembaga pendidikan diantaranya TPQ. Oleh karena itu, keberadaan TPQ sangat dibutuhkan masyarakat maka pelaksanaan pendidikan Al Qur'an di TPQ diharapkan mampu mengarahkan dan menumbuhkan perkembangan jiwa agama pada anak dengan baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pendidikan Al Qur'an di TPQ • Darussalam Samborejo Tirto Pekalongan, bagaimana perkembangan keagamaan anak di TPQ Darussalam Samborejo Tirto Pekalongan, dan bagaimana pengaruh pendidikan TPQ Darussalam Samborejo Tirto Pekalongan terhadap perkembangan keagamaan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Al Qur'an di TPQ Darussalam Samborejo Tirto Pekalongan, untuk mengetahui perkembangan keagamaan anak TPQ Darussalam Samborejo Tirto Pekalongan, dan untuk mengetahui pengaruh pendidikan Al Qur'an terhadap perkembangan keagamaan anak di TPQ Darussalam Samborejo Tirto Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran agar dapat dijadikan bahan pertimbangan guna meningkatkan pelaksanaan pendidikan Al Qur'an di TPQ Darussalam Samborejo Tirto Pekalongan dalam upaya meningkatk.an perkembangan keagamaan anak, sebagai bahan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pengaruh pendidikan Al Qur'an di TPQ terhadap perkembangan keagamaan anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitataif. Dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah 289 santri dan sampel yang diambil 12% dari jumlah populasi sadalah 34 santri. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, interview atau wawancara; angket dan dokumentasi. Dari basil perhitungan korelasi product moment dapat diketahui bahwa nilai r = 0,604, dan nilai rt pada taraf signifikan 5% = 0,349 dan pada taraf signifikan 1 % = 0,449 sehingga r > rt. Dengan indeks korelasi terletak antara 0,41 - 0,70 berarti antara variabel x (Pendidikan Al Qur'an di TPQ) dan variabel y (perkembangan keagamaan anak) terdapat korelasi yang sedang I cukup. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sedang I cukup pendidikan Al Qur'an di TPQ terhadap perkembangan keagamaan anak. Dengan demikian hipotesa yang • penulis ajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | PENGARUH PENDIDIKAN AL QUR'AN DI TPQ | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:03 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3143 |
Actions (login required)
View Item |