Sahlan, Mohammad (2012) Upaya meningkatkan prestasi belajar fiqih dengan metode pembelajaran discovery pada siswa kelas VI MI Hasbullah Pododadi Karanganyar Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (21MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (38MB) |
Abstract
Latar bel'akang masalah peneleitian ini berpijak pada masih banyaknya siswa yang masih belum tuntas pembelajaran atau belum tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tak terkecuali pada mata pelajaran Fiqih, siswa siswi kelas VI berdasarkan b'asil ulangan harian, mid semester dan Ulangan Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012 sebagian belum mencapai nilai KKM yakni . 7,00. Hal ini disebabkan karena banyak siswa yang kurang termotifasi dalam belajar dan persediaan media yang masih kurang serta penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang tepat yakni hanya menggunakan metode ceramah.I Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode pembelajaran untuk menjembatani masalah tersebut. Penulis mencoba menggunakan metode discovery sebagai salah satu altematif yang akan diterapkan untulc mengatasi masalah siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar siswa mata pelajaran fiqih lpokok babasan jual beli pada siswa kelas VI MI Hasbullah Pododadi Karanganyar K.abupaten Pekalonagan Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan melakukan penelitian yaitu pra sildus, siklus I dan siklus II, alat pengumpul data' yang digunakan adalah dengan mengunakan lembar soal yaitu Pre test, clan post tes serta lembar observasi keaktifan siswa. Sedangkan media yang digunakanladalah buku paket Fiqih kelas VI, laptop dan LCD Proyektor . minimal siswa memperoleh nilai ~ 70 dan ketuntasan belajar klasikal sekurang-kurangnya 85% 'dari jumlah siswa di kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIg dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh : Bahwa basil penelitian dari pra siklus diperoleh nilai rata-rata siswa 65,33 dengan prosentase ketuntasan 60%, keaktifan siswa 13,40%.dan pada siklus I memperoleh nilai rata ...rata 69,93 dengan prosentase ketuntasan 67% dan keaktifan siswa 46,67%. Sedangkan pada sildus II memperoleh nilai rata-rata 78,47 dengan prosentase ketuntasan 87% dan keaktifan siswa mencapai 86,67%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan mudah dalam mengikuti pembelajaran. Karena semua indikator pada siklus III sudah tercapai maka tidak perlu mengadakan sildus selanjutnya.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan prestasi belajar dan menambah keaktifan siswa dalam pembelajaran yakni dengan melihat nilai yang diperoleh masing-masing siswa baik individu maupun klasikal serta lembar observasi keaktifan siswa. .
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Discovery dan Prestasi Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:04 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3146 |
Actions (login required)
View Item |