Studi komparasi sistem pendidikan bahasa arab dan prestasi bahasa arab di MTs. Muhammadiyah Batang di MTs. Nahdhatul Ulama 01 Batang

Anggoro, Muhamad Azam (2009) Studi komparasi sistem pendidikan bahasa arab dan prestasi bahasa arab di MTs. Muhammadiyah Batang di MTs. Nahdhatul Ulama 01 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (18MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan bahasa arab sangatlah penting bagi manusia yang mau memperdalam pendidikan agama islam, oleh karena itu saya menekankan dalam penelitian ini pada sekolahan yang berasaskan islam seperti madrasah tsanawiyah, kemudian saya mengkomparasikan di madrasah tsanawiyah yang beda faham yaitu antara Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama dalam kemampuan peserta didik memperdalam pelajaran bahasa mah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka saya menemukan masalah: bagaimana persiapan pengajaran guru pada materi dan metode bahasa Arab di MTs. Muhammadiyah Batang serta MTs. Nahdatul Ulama 01 Batang sebelum dan saat pelaksanaan proses belajar mengajar, bagaimana kegiatan belajar mengajar peserta didik kelas VIII A di MTs. Muhammadiyah Batang dan MTs. Nahdatul Ulama O 1 Batang, dan bagaimana prestasi peserta didik kelas VIII A di MTs. Muhamrnadiyah Batang serta MTs. Nahdatul Ulama 01 Batang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan sistem pendidikan bahasa Arab dan prestasl bahasa Arab secara obyektif di Madrasah Tsanawiyah dan peranan guru bahasa Arab beserta peserta didik dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar bahasa Arab. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai upaya pengembangan ilmu pendidikan bahasa Arab dan memberikan informasi atau kajian kepada sutuan pendidikan atau sekolah sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif, adapun swnber data berasal dari: kepala sekolah, wakasek kurikulwn, wakasek sarana prasarana, wakasek kesiswaan, kepala tata usaha, dokumentasi serta sumber lain yang kongkrit. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field resarch). Dalam pengumpulan data metode yang dipergunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data yang terhimpun peneliti analisis dengan teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai persiapan dan pelaksanaan pendidikan bahasa Arab di MTs. Muhammadiyah Batang dan MTs. Nahdatul Ulama 01 Batang agar berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan kerja keras dari guru dan peserta didik dan komponen sekolah yang dimotori kepala sekolah guna mencapai basil yang maksimal. Dan dari basil evaluasi dapat melakukan pembenahan diri, melihat kekurangan dan kelebihan guru beserta peserta didik dari proses belajar rilengajar yang dimilikinya. Upaya yang terus menerus dilakukan dan berkesinambungan diharapkan dapat memberikan layanan pendiclikan bermutu dan berkualitas, sesuai standard nilai pendidikan nasional dalam pendidikan bahasa Arab di MTs. Muhammadiyah Btang dan MTs. Nahdatul Ulama O 1 Batang sehingga dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia secara nasional .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M.SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komparasi Sistem Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:04
Last Modified: 26 Jul 2023 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item