Pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MSI 14 Medono Pekalongan.

Habibah, Hasna (2019) Pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di MSI 14 Medono Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Berdasarkan pengamataan kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tersebut lebih disebabkan oleh faktor guru dalam menggunakan metode kurang tepat, dalam hal ini guru masih menggunakan metode konvensional. Hal di atas menjadi doronganbagi peneliti untuk melaksanakan penelitian ini dengan harapan setelah diterapkannya metode pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match hasil belajar siswa akan semakin meningkat. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah : 1.) Bagaimanahasilbelajarmenggunakan model pembelajarankooperatiftipemake a match di kelas V MSI 14 MedonoPekalongan? 2.) Bagaimanapengaruhpenggunaan model pembelajarankooperatiftipemake a match di kelas V MSI 14 MedonoPekalongan? Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiadaatautidaknyapengaruh model pembelajarnkooperatiftipemake a matchterhadaphasilbelajarsiswakelas V di MSI 14 MedonoPekalongan. Kegunaanpenelitianiniadalahuntukmenambahwawasanmengenai model pembelajaran yang bisadigunakandalammatapelajaranSejarahKebudayaan Islam di MSI 14 MedonoPekalongan. Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmetodepenelitiantrue experimentaldengan modelTrue EksperimentPre-test Post-test Control Group Design.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasV MIS 14 MedonoPekalongan.UntukkelasVI yang digunakanuntuktryout.Sedangkanuntuksampelnyaadalahdiambil 24siswa kontrol dan 24 siswa eksperiment.Teknik sampling yang digunakandalampenelitianiniadalahprobability samplingdenganjenissimple random sampling.Simple random samplingadalahteknikpengambilananggotasampeldaripopulasidilakukansecaraacaktanpamemperhatikan strata yang adadalampopulasiitu.Alatpengumpul data yang dipergunakanadalahsoal mengenai sejarah budaya islam.Analisis yang digunakanuntukmengujivaliditasinstrumentadalahkorelasiantarabutirdanskor yang dikerjakandengankorelasiProduct Moment sedangkanuntukmengujireliabilitasadalahrumusAlphadariCronbach. Dan hipotesispenelitiandenganmenggunakan analisis deskriptif dan t- test dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, dapatdiambilkesimpulanbahwauntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsejarahkebudayaanislamantaramenggunakan model pembelajaranKooperatiftipeMake a Matchdenganmenggunakanmetodeceramahdigunakanuji t-test memilikinilaithitungsebesar 1,500 sedangkanttabelsebesar 0,685. Karenathitung>ttabelmaka H0ditolakartinyaadaperbedaanhasilbelajarsejarahbudayaislamdengan model pembelajaranKooperatiftipeMake a MatchSelainitu, padaperhitunganketuntasanbelajarklasikalpadakelaseksperimenhasilposttestmenunjukkanpencapaiansebanyaklebihdari 70% dari yang diharapkanyaitusebesar79%denganjumlahsiswaseluruhnya 24 siswadengan 19 siswatuntasdan 5 siswatidaktuntas. Hal initerjadikarenaditerapkannyapembelajaranmenggunakanmodel pembelajaranKooperatiftipeMake a Match. Olehkarenaitu, dapatdisimpulkanbahwamodel pembelajaranKooperatiftipeMake a MatchefektifterhadaphasilbelajarsejarahkebudayaanislamsiswakelasV MSI 14 MedonoPekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 08 May 2020 01:19
Last Modified: 08 May 2020 01:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item