Pengaruh Bacaan Fiksi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Pegaden Tengah Wonopringgo Pekalongan

Chotimah, Nur (2012) Pengaruh Bacaan Fiksi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Pegaden Tengah Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (11MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan dan minat membaca anak tidak menutup kemungkinan berdampak pada rendahnya motivasi belajar peserta didik di sekolah. Padahal motivasi belajar mempakan suatu hal yang sangat menentukan dalam pencapaian basil belajar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan minat baca peserta didik di sebuah lembaga pendidikan, peran guru, orang tua, sekolah dan masyarakat serta pemerintah sangat diperlukan. Buku teks pelajaran, meski bukan satu-satunya penentu keberhasilan mengajar, namun berperan penting sebagai sumber belajar baik bagi guru terlebih lagi bagi peserta didik. Namun, untuk menghindari kebosanan peserta diclik, guru sebagai tenaga - pendidik khususnya guru PAI sudah seharusnya membiasakan dan menyediakan baban-bahan bacaan yang menarik dan mendidik sesuai isi materi yang sedang dipelajari seperti bacaan fiksi, cerpen Islami, cerita bergambar, dan majalah pendidikan, Berdasarkan latar be1akang masalah tersebut, timbul permasalahan yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana penggunaan bacaan fiksi dalam pembelajaran PAI di SON 02 Pegaden Tengah Wonopringgo Pekalongan, bagaimana motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran P Al di SON 02 Pegaden Tengah Wonopringgo, dan bagaimana pengaruh penggunaan bacaan fiksi terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di SDN 02 Pegaden Tengah Wonopringgo Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bacaan fiksi dalam pembelajaran PAl di SDN 02 Pegaden Tengah Wonopringgo Pekalongan, untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN 02 Pegaden Tengah Wonopringgo, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bacaan fiksi terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di SDN 02 Pegaden Tengah Wonopringgo Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah: Secara Teoritis: basil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka usaha meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SON 02 Pegaden Tengah melalui peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan bacaan fiksi. Sedangkan secara praktis penelitian ini memiliki kegunaan antara • lain: Sebagai bahan pertimbangan guru dalam memilih strategi pembelajaran yang menyenangkan dan sebagai acuan bagi guru dalam upaya membangkitkan motivasi belajar peserta didik untuk mencapai prestasi belajar melalui penggunaan bacaan fiksi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu prosedur penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika, Jenis penelitian ioi adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dikancah atau tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki.. Untulc mendapatkan data, penulis menggunakanteknik pengmnpulan data antara lain: observasi, interview (wawancara), dokwnentasi, dan angket. Berdasarkan basil analisis yang dilakukan penulis menyata1can bahwa penggunaan bacaan fiksi dalam pembelajaran PAI memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 02 Pegaden Tengah Wonopringgo. Hal tersebut terbukti dengan basil perhitungan statistik mengguoakan korelasi product moment yang menghasilkan Ih = 0,728. Dengan LIYt}'al..VJ\.011 aua. 14..,,;,1 IIJJC:U J. J.l QD.a uapa1. '" .lJllj-11,UA.CUl VQU\IVO,. r..~JUC1}''1l AVJ. ~ l yang kuat antara variabel X (Penggunaan Bacaan Fiksi) dengan variabel Y (Motivasi Belajar), karena nilai rxy terletak pada interval 0,71 - 0,90. Kemudian dikuatkan lagi dengan membandingkan nilai I'b dengan ft yang menyatakan bahwa nilai rJF0,72S lebih besar baik pada taraf signifikan 1 o/o rr-=0,590 maupun 5% rt=0.468• Oleh karena itu, penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara penggunaan bacaan fiksi dengan motivasi belajar PAI peserta didik kelas V di SON 02 Pegaden Tengah Wonopringgo. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengaruh bacaan fiksi terhadap motivasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:04
Last Modified: 26 Jul 2023 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item