Pelaksanaan Bimbingan Islami Dalam Mengurangi Penyalahgunaaan Gadget Anak Pesisir Di Yayasan Al-Munajjah As-Salam Panjang Wetan Kota Pekalongan

Sofiana, Naela (2022) Pelaksanaan Bimbingan Islami Dalam Mengurangi Penyalahgunaaan Gadget Anak Pesisir Di Yayasan Al-Munajjah As-Salam Panjang Wetan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab 1-5.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menuju era 5.0 sangat berpengaruh besar bagi seluruh manusia di Indonesia bahkan dunia sangat membawa pengaruh pada anak-anak. Iilmu keagamaan cenderung diacuhkan mereka diperbudak oleh barang yang dapat digenggam dan sangat canggih yang disebut dengan gadget. Anak-anak yang seharusnya diajarkan untuk belajar, mengaji, dan sholat, kini justru dengan maraknya gadget malah semakin banyak anak-anak yang bermain gadget dengan bebas seperti halnya anak-anak di Yayasan Al-Munajjah As-Salam. Permasalahan yang muncul dilihat dari latar belakang adalah bagaimana pelaksanakan bimbingan Islami pada anak pesisir. Rumusan masalah Sofiana, Naela. 2022. Pelaksanaan Bimbingan Islami Dalam Mengurangi Penyalahgunaan Gadget, Skripsi Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri merupakan hal yang mendasar dari sebuah penelitian, terdiri dari dua permasalahan. Pertama, bagaimana pelaksanakan bimbingan Islami pada anak pesisir di Yayasan Al-Munajjah As-Salam. Kedua, bagaimana kondisi penyalahgunaan gadget di yayasan Al-Munajjah As-Salam. Penelitian ini bertjuan dasar untuk mengetahui seberapa pentingkah bimbingan Islam bagi anak-anak agar tidak menyalahgunakan gadget. Penelitian mengenai pelaksanaan bimbingan Islami dalam mengurangi penyalahgunaan gadget pada anak pesisir ini dilakukan menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research. Peneliti mengangkat tema tersebut berdasarkan penelitian kualitatif dimana dilakukan dengan penelitian yang digunakan peneliti atas observasi dilapangan langsung. Metode kualitatif deskriptif akan digunakan peneliti sebagai pendekatan yang mengetahui kondisi penyalahgunaan gadget dan pelaksanaan bimbingan Islami yang pada anak pesisir. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Pelaksanaan bimbingan Islami di Yayasan Al-Munajjah As-Salam ini untuk mengurangi penyalahggunaan gadget dilihat dari tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Setelah dilaksanakannya bimbingan Islami ini anak-anak sangat antusias mengikuti bimbingan Islami dan mengurangi penyalahgunaan gadget. 2. Kondisi sebelum diadakannya bimbingan Islami di Yayasan Al-Munajjah As-Salam yaitu anak-anak sangat betah dalam bermain gadget, sehingga lupa untuk belajar, sholat, dan mengaji. Setelah adanya layanan bimbingan Islami ini, kondisi anak-anak mulai giat dalam mengaji, mengerjakan sholat, dan hal positif lainnya yang memang perlu mereka kerjakan sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviyanto, KholidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Mengurangi Penyalahgunaan Gadget, Anak Pesisir.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 26 May 2023 08:12
Last Modified: 26 May 2023 08:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item