Studi Komparatif Prestasi Belajar Al-Qur"an dan Hadits Siswa Lulusan Dari MI dan SD Negeri di SMP Al-Irsyad Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010

Aminah, Siti (2010) Studi Komparatif Prestasi Belajar Al-Qur"an dan Hadits Siswa Lulusan Dari MI dan SD Negeri di SMP Al-Irsyad Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (14MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SMP Al-Irsyad Pekalongan para siswanya lulusan dari MI dan SD Negeri yang sangat berbeda dalam pembelajarannya, terutama dalam pelajaran Al-Qur'an danHadits. Di MI adajam pelajaran Al-Qur'an dan Hadits tersendiri, sementara di SD Negeri pelajaran Al-Qur' an dan Hadits diajarkan secara global dalam satu mata pelajaran Agama Islam. Berdasarkan latar belakang yang penulis kemukakan permasalahan yang diaoalisa yaitu : bagaimana prestasi Al-Qur'an clan Hadits siswa lulusan dari MI di S:MP Al-Irsyad Kota Pekalongan, bagaimana prestasi belajar Al-Our' an dan Hadits siswa lulusan dari SD Negeri di S:MP Al-lrsyad Kota Pekalongan juga bagaimana perbedaan prestasi Al-Qur'an dan Hadits antara siswa lulusan dari MI clan SD Negeri di SMP Al-lrsyad Kota Pekalongan. Tujuan yang ingin dicapai dalm penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar Al ..Qur' an dan Hadits siswa lulusan dari MI di SMP Al-lrsyad Kota Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar Al ..Qur'an dan Hadits siswa lulusan dari SD Negeri di SW Al-Irsyad Kota Pekalongan dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar Al-Qur'an dan Hadits siswa lulusan dari MI dan SD Negeri di SMP Al-Irsyad Kota Pekalongan. Manfaat atau kegunaan dalam penelitian ini antara lain secara teoritis dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu pendidikan, khususnya kajian pendidikan agama Islam pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits, dapat digunakan bahan oleh peneliti lain sebagai bahan acuan dan pembanding dalam mengkaji lebih lanjut terutama pada Al-Qur'an dan Hadits clan dapat menjadi bahan masukan bagi instansi pendidikan terkait pada umumnya dan SMP Al-Irsyad Kota Pekalongan pada khususnya. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif yang menekankan analisisnya pada data-data numerial atau angka yang diolah dengan metode-metode statistik. Sumber data primer yang diteliti adalah guru dan karyawan, semua siswa kelas VII, dokumen serta arsip di SMP Al-lrsyad Kota Pekalongan. Metode pengwnpulan data yang dipakai yaitu metode dokumentasi, observasi dan intervew. Untuk membandingkan, analisis data menggunakan uji 't'dengan rumus M1-M to= ---SEMt •M2 Besamya nilai to = 0,668. Pada taraf signifikan 5 % nilai ft = 2,003 dan pada taraf signifikan 1 % nilai tt = 2,666. Pada taraf signifikan 5 % nilai I to I < tt , maka Ho, diterima, Ha ditolak, berarti tidak. terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa lulusan dari MI dengan SD Negeri pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits. Sementara pada taraf signifikan 1 % nilai I to I < !t , maka Ho, diterima, Ha ditolak. Berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa lulusan dari MI dengan SD Negeri pada mata pelajaran Al-Qur'an clan Hadits .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryati, Tri AstutikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: stufi komparatif prestasi belaja Qur'an Hadits
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 31 May 2023 04:26
Last Modified: 31 May 2023 04:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item