Peran Metode Pembiasaan Shalat Dhuhur Berjamaah Dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak Terpuji du SDN 01 Tambakrejo Pemalang

Ruqoyah, Umi (2012) Peran Metode Pembiasaan Shalat Dhuhur Berjamaah Dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak Terpuji du SDN 01 Tambakrejo Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (13MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapat bahwa betapa seorang pendidik dituntut untuk menggugah siswanya agar menerapkan apa yang telah mereka pelajari di dalam kehidupan mereka, terutama guru agama Islam dimana tujuan pendidikan agama islam selain penguasaan materi juga internalisasi nilai-nilai islam dimana sekarang telah terjadi pergeseran ketika keberhasilan pendidikan dipandang dari nilai akademik semata. Salah satu metode yang digunakan oleh guru agama Islam SDN O 1 Tambakrejo Pemalang adalah metode pembiasaan shalat dhuhur berjamaah, dimana dilihat dari prestasi akademik mata pelajaran PAI siswa SON O I Tambakrejo sangat membanggakan, berturut-turut menjuarai lomba MAPS! tingkat kabupaten, apakah metode pembiasaan shalat dhuhur berjamaah juga berperan dalam menanarnkan nilai-nilai akhlak terpuji siswa SDN 01 Tambakrejo Pemalang. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan shalat dhuhur berjamaah, nilai-nilai akhlak terpuji yang terkandung di dalamnya, dan peran metode pembiasaan shalat dhuhur berjarnaah dalam upaya menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji di SDN O Tambakrejo Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan metode Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran bagi SDN O 1 Tambakrejo Pemalang terutama guru PAI untuk lebih mengembangkan metode pembelajaran dalam upaya menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji di Jenis SDN 01 Tambakrejo Pemalang. penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu mengambil-kesimpulan dari yang khusus ke umum serta analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan metode pembiasaan shalat dhuhur berjamaah sudah dilaksanakan. dengan baik, dilihat dari pelaksanaan pembiasaan shalat dhuhur berjamaah yang berkesinambungan, terprogram, diawasi secara ketat dan tegas. Nilai-nilai akhlak terpuji yang terkandung dalam shalat dhuhur berjamaah adalah nilai-nilai akhlak sosial seperti kepatuhan terhadap aturan, kedisiplinan, kejujuran, toleransi, kebersamaan, demokratis dan syiar Islam, nilai-nilai akhlak terpuji tersebut sangat perlu ditanamkan di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang individualistis. Peran metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji diantaranya sebagai penguatan terhadap kebiasaan yang siswa lakukan di rumah, pelurusan akhlak yang salah seperti kelalaian dalam melaksanakan shalat, sombong, sebagai motivator untuk melakukan amal yang lebih baik, dan sebagai usaha menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji yang terkandung dalam pembiasaan shalat dhuhur berjamaah secara perlahan-lahan. Jadi peran metode pembiasaan shalat dhuhur berjamaah dalam menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji sangat penting yang mana pada awalnya bersifat mekanistis namun diharapkan lambat Iaun akan mejadi sebuah kebiasaan sehingga terbentuklah siswa yang berakhlak mulia .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, shalat berjamaah, akhlak terpuji
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:58
Last Modified: 13 Jun 2023 07:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item