Pola Pendidikan Karakter Pada Santri Putri Di Pondok Pesantren Ribathul Mutha'allimin Pekalongan

Maharani, Bella Ceria (2013) Pola Pendidikan Karakter Pada Santri Putri Di Pondok Pesantren Ribathul Mutha'allimin Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (12MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam rangka mewujudkan insan kamil sesuai dengan ajaran agama, perlu adanya peningkatan mutu dalam proses pendidikan yang salah satunya dengan mengedepankan aspek budi pekerti, moral dan kepribadian yang terwujud dalam karakter setiap peserta didik. Pendidikan karakter merupakan pendidikan moral dan budi pekerti yang lebih menekankan pada aspek pembiasaan baik berkaitan dengna Tuhan Yang Maha Esa, sesama makhluk, lingkungan sekitar. Pondok pesantren Ribatul Mutha' allimin Pekalongan merupakan satu lembaga yang ada di daerah pantura kabupaten Pekalongan yang orientasi pendidikannya mengarah pada pembentukan akhlak santri putri yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan rnereka sehari-hariyang pada akhimya menjadi karakter santri putrinya. Hal tersebutlah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian i11i. Dari uraian tersebut dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana pola pendidikan karakter pada santri putri di pondok pesantren Ribatul Mutha ~ allimin Pekalongan dan bagaimana tantangan serta cara mengatasi rnasalah pendidikan karakter santri putri di pondok pesantren Ribatul Mutha'allimin Pekalongan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola pendidikan karakter pada santri putri di pondok pesantren Ribatul Mutha' allimin Pekalongan dan mengetahui berbagai tantangan dan cara mengatasi masalah pendidikan karakter santri putri di pondok pesantren Ribatul Mutha'allimin Pekalongan. Kegunaan penelitian diharapkan menambah khasanah keilmuan peneliti dan para praktisi maupun konseptor pendidikan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan satu variabel yaitu pola pendidikan karakter. De11ga11 data primer didapat dari pimpinan pondok, para ustad dan ustadzah serta santri putri pondok pesantren Ribatul Mutha' allimin Pekalongan dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku, arsip, dan dokumen, Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan menggunakan analisis yang bersifat deskri ptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pendidikan karakter pada santri putri di pondok pesantren Ribatul Mutha' allimin Pekalongan adalah baik. Hal ini dikarenakan adanya kesinambungan antara konsep dengan praktik pendidikan karakter di pondok pesantren Ribatul Mutha' allimin Pekalongan serta sangat bermanfaat bagi kehidupan para santri putri di pondok pesantren maupun di luar pondok. Adapun tantangan yang dihadapi dapat teratasi dengan adanya berbagai solusi ya11g telah diupayakan. Da11 solusinya adalah supaya kesadaran dari santri putri akan pentingnya berkarakter baik dalam proses pembentukan karakter yang diajarkan oleh J)0.11dok bisa mereka terima tanpa adanya rasa malas dan jenuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, santri putri.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 13 Jun 2023 10:08
Last Modified: 13 Jun 2023 10:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item