Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Beragama Anak Didik (Studi Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah Batang)

Fauziyah, Fauziyah (2010) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Beragama Anak Didik (Studi Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (15MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keluarga merupakan institusi pertama dan utama dari segala-galanya untuk • belajar, baik belajar tentang dirinya, orang lain, masyarakat dan kebudayaannya. Keluarga mempunyai fungsi penting dalam pembentukan tingkah laku anak. Tingkah laku anak sangat dipengaruhi oleh tingkah laku orang tuanya. Hal tersebut karena pola asuh orang tua dalam bentuk apapun akan dilihat, dirasakan, dinilai dan pada akhimya akan dipersepsikan oleh anak itu sendiri. Positif negatifnya persepsi anak terhadap pola asuh orang tuanya tergantung pada pola asuh orang tua yang diterapkan pada anaknya. Pola asuh orang tua sangat menentukan pembentukan kedisiplinan beragama pada anak. Permasalahannya adalah Bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua MTs Muhammadiyah Batang terhadap anak di sekolah ? Bagaimana kedisiplinan anak dalam menjalankan kegiatan keagamaannya ? Bagaimana hubungan yang dibina antara pola asuh orang tua dengan MTs Muhammadiyah dalam kedisip1inan beragama ? . Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan beragama pada anak didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Batang. Kegunaan penelitian untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua dalam mendidik anaknya khususnya menerapkan pola asuh yang akan diajarkan kepada anaknya berkaitan dengan masalah kedisiplinan beragama, Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ada1ah siswa kelas Vlll MTs Muhammadiyah Batang tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 51 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 51 siswa, penelitian ini disebut penelitian populasi. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket, interview dan dokwnentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian adalah berdasarkan tabel frekuensi jawaban diperoleh kesimpulan bahwa Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Batang dilaksanakan dengan baik. Sedangkan Kedisiplinan Beragama Pada Anak Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Batang dilakukan dengan baik. Hasil analisis korelasi antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Beragama Pada Anak Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Batang diperoleh nilai rxy = 0,630 dengan jumlah responden (N) adalah 51, yang besamya berkisar antara 0,400 - 0,700 di mana dalam interpretasi r termasuk dalam kategori cukup I sedang. Setelah dikonsultasikan dengan "r" tabel, pada taraf signifikansi 5 % dan 1 % diperoleh basil rxy > r tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Beragama Pada Anak Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Batang. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan beragama anak didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Batang) dapat di terima kebenarannya .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M.SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Kedisiplinan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:52
Last Modified: 14 Jun 2023 08:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3207

Actions (login required)

View Item View Item