Efektifitas Metode Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Siswa di RA Bustanul Iman Pegandon Karangdadap Kabupaten Pekalongan

Nafiyah, Miftakhun (2013) Efektifitas Metode Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Siswa di RA Bustanul Iman Pegandon Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (14MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode Storytelling merupakan metode yang sederhana namun dapat menarik interes seseorang Iebih-Iebih jika diterapkan untuk pendidikan anak-anak. Oleh karena itu, proses pendidikan pada anak dapat dilakukan oleh orang tua dan para pendidik melalui suri tauladan dengan contoh-contoh perilaku maupun dengan cerita-cerita yang dapat mendukung sikap dan nilai-nilai yang baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1 )Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode storytelling di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan?2)Bagaimana efektifitas metode storyteling dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa RA BustanuI Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan?, tujuan penelitian ini adalah I) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode storytelling di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, 2)Untuk mengetahui efektifitas metode storyteling dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, sedangkan kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, khususnya tentafig kegiatan storytelling dan kemampuan sosialisasi siswa Metode Penelitian meliputi desain penelitian, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, clan penelitian lapangan. Fokus penelitian ini adalah mengenai efektifitas metode storytelling dan perkembangan sosial anak di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analisis non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 )Pelaksanaan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Storytelling di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan meliputi: a) Persiapan, meliputi persiapan pribadi dan persiapan teknis. b )Materi dan Penyampaian, beberapa materi diantaranya kisah tentang para Nabi dan Rasul; kisah teladan makhluk hidup dan kisah-kisah imaj inasi lainnya. Setelah semuanya terkonsep dalam persiapan, materi-materi tersebut disampaikan dengan penuh seksama oleh pendidik di RA Bustanul Iman Pegandon.c)Media (A/at Peragaj, antara Iain: Buku Cerita, Boneka Tangan, Papan Tulis, dan Video Player.d) Evaluasi, yaitu dengan melakukan observasi dan tanya jawab pada saat kegiatan bercerita berlangsung dari awal sampai akhir. 2) Metode storytelling dapat meningkatkan kemampuan Sosialisasi Anak, yaitu bekerja sama, simpati, empati, dukungan sosial, berperilaku akrab, berperilaku rneniru, berperilaku bersaing, berperilaku berbagi, kom. unikasi dan mengungkapkan pendapat .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Storytelllng, Kemampuan Sosialisasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:00
Last Modified: 15 Jun 2023 08:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

View Item View Item