Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Bagi Siswa Tunagrahita-C SMPLB KAUMAN Batang

Mustopiyah, Mustopiyah (2014) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Bagi Siswa Tunagrahita-C SMPLB KAUMAN Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (26MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan agama bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan berakhlak mulia. Melalui pendidikan diupayakan agar dapat mengembangkan potensi peserta didik rnelalui kegiatan pengajaran dalam proses pembentukan karakter manusia, tanpa terkecuali anak tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang yaitu memiliki fungsi intelektual di bawah rata-rata . Namun, mereka juga layak memiliki kesempatan untuk mengenyarn pendidikan sebagaimana anak normal pada umumnya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana karakter siswa tunagrahita-C SMP LB Kauman Batang? Bagaimana pelaksanaan pendidikan t.. ' ; • • ,. • ' '.• .. • ' •. - •. ' . ''. . . • ! •. • • ' . . . ' ·. ·' .•. . .. •• • •. agama Islam dalam menumbuhkan karakter bagi siswa tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan karakter siswa tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang, Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam menurnbuhkan karakter bagi siswa tunagrahita-C SMPLB Kauman Batana.... Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti 111e11ggu11aka11 teknik analisis data model Miles and Hubennen yaitu: data reduction, data display, dan conclus ion drawing/verification. Penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa siswa tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang memiliki karakter religius, mandiri, santun, disiplin, jujur, dan bersahabat atau komunikatif. Karakter yang dimiliki siswa tak lepas dari usaha .• guru dalam Menumbuhkan karakter khususnya pada mapel PAI, adanya pelaksanaan PAI dalam menumbuhkan karakter bagi siswa tunagrahita-C SMPLB ·:• :, ': ; Kauman Batang. dalam pembelajaran gurumapel PAI bukan hanya menggunakan ' ·. .. . . . ~ ' . . . . . , . :.. . ' ' • ranah kognitif, dan psikomotorik saja, tetapi telah menggunakan ranah afektif dalam pembelajaran dengan tujuan dapat menumbuhkan karakter siswa. dalam ranah afektif yaitu melalui pe1bagai karakter berupa karakter religius, tanggung jawab, rasa hormat, dan disiplin. Adapun pengembangan keterampilan •. sosial berupa keterampilan bertanya, mendengarkan, dan berkomunikasi. Guru ' :. . ·. •. .'.I :: • .. . ' . . ; . :: mapel PAI juga telah menggunakan lima metode pembelajaran dengan tujuan yang sama yaitu menimbulkan karakter siswa, yaitu berupa metode wawancara, resitasi, demonstrasi, tanya jawab, dan pembiasaan. Kesimpulan: dari uraian di atas menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan agama Islam di SMPLB · Kauman Batang telah dapat memplimatasikan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajarannya, sehingga dapat menimbulkan karakter bagi 'siswa tunagrahita-C .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam, karakter, siswa tunagrahita
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:17
Last Modified: 19 Jun 2023 02:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item