Nafisah, Nafisah (2013) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangani siswa di SMP Muhamrnadiyah Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (12MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (28MB) |
Abstract
Di sekoJah sangat mungkin ditemukan siswa nakal. Untuk menangani kenakalan siswa tersebut, sangat diperlukan upaya dari guru pendidikan agama Islam. Hal ini karena guru pendidikan agama Islam yang mempunyai kewajiban memberikan pembinaan akhlak mulia dan meluruskan perilaku buruk siswanya, sehingga akhlak-akhlak mulia selalu tertanam dalam diri siswa. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah apa saja bentiik kenakalan siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan? Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani kenakalan siswa di SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan? Dan bagaimana hasil penanganan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kenakalan siswa di SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kenakalan siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani kenakalan siswa di SMP Muhammadiyah Pekaiangan Pekalongan, dan untuk mendeskripsikan basil penanganan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kenakalan siswa di SMP Muhamrnadiyah Pekajangan Pekalongan, Dan terdiri dari dua kegunaan, yaitu secara teoritis untuk memperkaya khasanah kepustakaan sebagai literatur akademis dan dapat menambah wawasan keilmuan mengenai pentingnya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani kenakalan siswa, dan secara praktis sebagai bahan masukan bagi peneliti dan para guru, tentang pentingnya peran guru dalam menangaoi kenakalan siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan ku.alitatit: Sumber da.tanya terdiri deri sumber data primer dan sekunder, Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu dengan teknik analisis induktif yaitu metode berpikir dari khusus ke umum. Hasil penelitian ini yaitu bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa meliputi kenaka1an siswa di lingkungan sekolah (perkelahian antar siswa, rnerokok, dan bolos sekolah), kenakalan siswa di lingkungan keluarga (terkadang berani sama kedua orang tua, tidak belajar di rumah, sering keluar malam), dan kenakalan siswa di lingkungan masyarakat (ikut tawuran antar kampung dan bersama teman• teman sebayanya memalak anak-anak dari kampung lain). Upaya guru Pendidikan Agama Islam di S:MP Muhammadiyah PekaianganPekalongan dalam menangani kenaka1an siswa adalah dengan melalui dua pendekatan yaitu pendekatan disiplin dan pendekatan bimbingan dan konseling. Pendekatan disiplin merujuk pada aturan dan ketentuan yang berlaku di sekolah serta sanksinya, sedang pendekatan bimbingan dan konseling lebih mengutarnakan pada upaya penyembuhan dengan menggunakan berbagai layanan dan teknik yang ada. Hasil penanganan guru Pendidikan Agama Islam terhadap kenakalan siswa dapat dikatakan efektif karena dalam rnembimbing siswa bermasalah dapat mencapai tujuannya secara ideal. Meiaiui bimbingan dari guru, tumbuh rasa sadar, berjanji tidak akan rnengulangi, dan keinginan untuk tekun belajar dengan mentaati segala peraturan sekolah. ' .
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Kenakalan Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2023 09:57 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2023 09:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3219 |
Actions (login required)
View Item |