Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pangkat Tiga Di SDN SELOPAJANG 03 Kecamatan Blado Batang (Studi Siswa Kelas VI)

Widyastuti, Rini (2010) Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pangkat Tiga Di SDN SELOPAJANG 03 Kecamatan Blado Batang (Studi Siswa Kelas VI). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (11MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan kelas merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawab guru khususnya dalam pengelolaan pembelajaran, melalui Penelitian Tindakan kelas guru dapat meningkatkan kinerjanya secara terus-menerus, dengan cara melakukan refleksi diri, yakni upaya menganalisis untuk menemukan kelemahan• kelemahan dalam proses pembelajaran yang dilakukannya, yang kemudian disertai tindakan merencanakan perbaikan dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran sesuai dengan program pembelajaran guru dalam upaya memecahkan masalah yaitu masalah, proses pembelajaran yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugas rnengajamya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam pendidikan ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan pengajaran Matematika di SDN Selopajang 03 Kecamatan Blado, bagaimana pula pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Matematika kelas VI di SDN Selopajang 03 Kecamatan Blado. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui proses kegiatan pengajaran Matematika di SDN Selopajang 03 Kecarnatan Blado dan mengetahui pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada rnata pelajaran Matematika kelas VI di SDN Selopajang 03 Kecamatan Blado. Penelitian ini merupakan penelitian Iapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan metode deskripsi. Pada proses pembelajaran Matematika materi pangkat tiga di SDN Selopajang 3 Kecamatan Blado menggunakan metode discoveri rumus AB untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas sehingga dapat mempengaruhi minat belajar siswa menjadi lebih baik. Hasil penelitian tentang pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas pada mata pelajaran matematika di SDN Selopajang 03 Kecamatan Blado menunjukkan basil yang baik. Hal ini dibuktikan dari hasil tiap ..tiap siklusnya. Diketahui pada kondisi awal, hasil belajar siswa hanya 4,20 dan dilanjutkan perbaikan pada siklus I meningkat menjadi 6,30, diteruskan perbaikan pada siklus II sehingga tercapai hasil belajar siswa yaitu 7,44, yang berarti sudah bisa melampaui batas minimal ketuntasan hasil belajar siswa yang ditentukan oleh pihak sekolah, yaitu sebesar 6,5 .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Pangkat Tiga
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 19 Jun 2023 10:16
Last Modified: 19 Jun 2023 10:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item