Partisipasi Guru Dalam Membimbing Siswa Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SDN KALILEMBU Karangdadap Kabupaten Pekalongan

Usmawati, Usmawati (2010) Partisipasi Guru Dalam Membimbing Siswa Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SDN KALILEMBU Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (19MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam partisipasinya sebagai pendidik dan pengajar, maka seorang guru tersebut tidak lepas dari beberapa tugas dan fungsinya. Adapun fungsi guru tersebut yang berperan sebagai pendidik dan pengajar meliputi empat hal, empat hal tersebut yaitu mengembangkan kepribadian, membimbing, membina budi pekerti dan memberikan pengarahan. Tugas pokok guru yang berhubungan dengan peranannya sebagai pendidik dan pengajar, guru memiliki beberapa tugas yaitu guru sebagai pendidik berarti meneruskan dan mengembangakan nilai-nilai hidup kepada anak didik, sedangkan tugas guru sebagai pengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak didik. Partisipasi guru sebagai pengajar, antara keduanya memiliki kesamaan dan tugasnya yaitu baik sebagai pengajar maupun pendidik tugasnya adalah meneruskan dan mengembangkan, letak perbedaannya adalah pada objek yang diteruskan dan dikembangkan, kalau mendidik meneruskan dan mengembangakan nilai-nilai hidup, sedangkan pengajar itu meneruskan dan mengembangkan iptek, Pennasalahannya adalah bagaimana partisipasi guru dalam membimbing siswa belajar di SDN Kalilembu Karangdadap?, bagaimana basil belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Kalilembu Karangdadap?, dan bagaimana pengaruh partisipasi guru dalam membimbing siswa belajar terhadap basil belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Kalilembu Karangdadap?. Tujuan penelitian ini adalah untulc mengetahui pengaruh partisipasi guru dalam membimbing siswa belajar terhadap basil belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Kalilembu Karangdadap. Sedangkan kegunaan penelitian memberikan masukan kepada guru tentang cara clan upaya agar mereka lebih memperhatikan pola pendidikan dalam mendidik clan meningkatkan basil belajar pendidikan agama Islam pada siswa. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kalilembu Karangdadap. Sampel penelitian ini sebanyak 50 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket, interview dan dokumentasi. Adapun dalam rnenganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian adalah Partisipasi guru dalam membimbing siswa belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Kalilembu Karangdadap tergolong sangat baik. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN Kalilembu Karangdadap tergolong sangat baik. Hasil analisis korelasi antara partisipasi guru dalam membimbing siswa belajar terhadap basil belajar Pendiclikan Agama Islam siswa kelas V SDN Kalilembu Karangdadap diperoleh nilai rxy = 0,425 dengan jwnlah responden (N) adalah 50 di mana dalam interpretasi r berkisar antara 0,400 - 0,700 dan tennasuk dalam kategori Cukup. Setelah clikonsultasikan dengan "r" tabel, pada taraf signifikansi 5 % diperoleh "r" tabel = 0,281, karena nilai rxy = 0,425 maka rxy > r tabel. Selanjutnya pada taraf signifikansi 1 % diperoleh "r" tabel = 0,364, sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Guru dan Hasil Belajar PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:27
Last Modified: 20 Jun 2023 01:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item