Peningkatan Prestasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan (SKI) Kompetensi Dasar Khulafaur Rasyidin Melalui Strategi Catalan Terbimbing dan Bermain Jawaban Pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan

Zaenuri, zaenuri (2014) Peningkatan Prestasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan (SKI) Kompetensi Dasar Khulafaur Rasyidin Melalui Strategi Catalan Terbimbing dan Bermain Jawaban Pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (28MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Banyak faktor yang menghambat proses pembelajaran, dalam hal ini proses pembelajaran dapat diatasi dengan media pembelajaran sehingga bahan ajar yang disampaikan guru menjadi jelas dan menarik perhatian siswa. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar adalah partisipasi guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana prestasi siswa kelas VI MIS Jenggot 04 Pekalongan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kompetensi dasar khulafaur rasyidin sebelum menggunakan strategi catatan terbimbing dan bermain jawaban? Bagaimana prestasi siswa kelas VI MIS Jenggot 04 Pekalongan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kompetensi dasar khulafaur rasyidin sesudah menggunakan strategi catatan terbimbing dan bermain jawaban?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan prestasi siswa kelas VI MIS Jenggot 04 Pekalongan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kompetensi dasar khulafaur rasyidin sebelum dan sesudah menggunakan strategi catatan terbimbing dan bennain jawaban. Kegunaan secara teoretis untuk menambah khazanah ilmu-ilmu pendidikan khususnya di bidang partisipasi guru dalam membimbing siswa belajar SKI kompetensi dasar khulafaur rasyidin. Secara praktis memberikan masukan kepada guru di MIS Jenggot 04 Pekalongan tentang v cara dan upaya agar mereka lebih memperhatikan pola pendidikan dalam mendidik , dan meningkatkan hasil belajar SKI kompetensi dasar khulafaur rasyidin pada siswa, Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field researchy dengan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas ). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini metode observasi, metode dok:umentasi, basil tes/eva1uasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data yang diperoleh mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II diperoleh hasil tes yang terus meningkat yang .. menunjukkan peningkatan prestasi pcmbelajaran SKI pada kelas VI MIS Jenggot 04 ~- · Pekalongan sesudah menggunakan strategi catatan terbimbing dan bermain jawaban. Hal ini dapat dilihat dari perolehan prestasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada kelas VI MIS Jenggot 04 Pekalongan sebelum menggunakan strategi catatan terbimbing dan bermain jawaban pada pra siklus yakni 58,42 meningkat pada siklus I menjadi 68,94, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,73. Sedangkan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus terdapat 8 siswa (21,05 %) meningkat pada siklus II menjadi 18 siswa (47,36 %), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 38 siswa (100 %), serta siswa yang belum tuntas belajar pada pra siklus sebanyak 30 siswa (78,95%) turun pada siklus II menjadi 20 siswa (52,64 %), clan pada siklus II terjadi penurunan lagi menjadi O siswa (0 %)4

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Cata tan Terbimbing dan Bennain Jawaban
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:09
Last Modified: 20 Jun 2023 02:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item