Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Santri Tpq Nurul Falah Kecamatan Batang

ARIFIAN, FIRMAN BAYU (2015) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Santri Tpq Nurul Falah Kecamatan Batang. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Other (thesis)
232108281 FIRMAN BAYU ARIFIAN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Other (thesis)
232108281 FIRMAN BAYU ARIFIAN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Firman Bayu Arifian. 2015. "Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Santri TPQ Nurul Falah Kecamatan Batang". Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pekalongan, Pembimbing Siti Mumun Muniroh, S.Psi. Kata kunci: perhatian, prestasi belajar. Perhatian orang tua kepada anak memegang peranan yang besar dalam keberhasilan anak pada masa mendatang. Salah satunya adalah sikap orang tua yang selalu memberikan kasih sayang kepada anak dengan memberikan perlindungan dan perhatian dalam belajar. Perhatian yang diberikan dari orang tua kepada anak akan memberikan perasaan aman, nyaman dan semangat dalam belajar. Hal yang demikian akan dapat meningkatkan daya tarik anak dalam setiap pembelajaran yang dilakukan sehingga hasil atau prestasi anak akan meningkat. Dengan demikian, rumusan masalah yang diajukan: Bagaimana perhatian yang diberikan orang tua kepada santri, bagaimana prestasi belajar santri di TPQ Nurul Falah Kecamatan Batang, bagaimana hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar santri di TPQ Nurul Falah. Tujuan penelitian Untuk mengetahui perhatian yang diberikan orang tua terhadap anak, untuk mengetahui tingkat prestasi belajar yang terjadi di TPQ Nurul Falah Kecamatan Batang, untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar santri di TPQ Nurul Falah Kecamatan Batang. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai kontribusi bagi dunia pendidikan tentang arti penting perhatian terhadap anak agar tidak menimbulkan semangat belajar yang bisa mengarah pada peningkatan prestasi belajar di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan karena data yang diambil berasal dari objek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu sumber data primer yaitu dari siswa, guru, dan orang tua, dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam menganalisa data menggunakan metode statistik product moment. Hasil analisis dari penelitian yaitu bahwa perhatian orang tua terhadap santri TPQ Nurul Falah dengan hasil angket dengan nilai rata-rata 40,68 atau dibulatkan menjadi 41. Nilai tersebut berada dalam interval 38-49 yang masuk dalam kategori kualifikasi tinggi, Serta dengan prestasi belajar santri yang masuk dalam kategori tinggi yaitu basil angket yang memiliki nilai rata-rata 80,41 dibulatkan menjadi 40. Nilai tersebut berada dalam interval 80-90 yang masuk dalam kategori kualifikasi tinggi. Sedangkan hubungan perhatian orang tua dan prestasi santri menunjukkan nilai rxy = 0,44, jadi hasil di atas menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rt (rxy > rt) baik pada taraf signifikan 0,325 maupun 0,418 yang berarti terdapat korelasi positif yang cukup antara perhatian orang tua dengan prestasi santri di TPQ Nurul Falah Kecamatan Batang. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: perhatian,prestasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:04
Last Modified: 26 Jul 2023 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3237

Actions (login required)

View Item View Item