Upaya peningkatan mutu pendidikan agama islam di MTs. Ma'arif NU Sragi

Shofiana, Hafsah (2010) Upaya peningkatan mutu pendidikan agama islam di MTs. Ma'arif NU Sragi. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
23206194 HAFSAH SHOFIANA BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
23206194 HAFSAH SHOFIANA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah usaha-usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik supaya hidup sesuai dengan ajaran Islam. Pendidikan Agama Islam harus diberikan dan dilaksanakan di sekolah dengan sebaik-baiknya. Adapun upaya-upaya yang harus dilakukan sekolah dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam yaitu meliputi berbagai bidang, di antaranya bidang ketenagaan (SOM), kurikulum, sarana dan prasarana, output pendidikan, dan peran serta masyarakat. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi. Bagaimana mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi. Bagaimana upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi, untuk mengetahui mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi, dan untuk mengetahui upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi. Sedangkan kegunaannya adalah dapat memberikan motivasi kepada guru agama khususnya agar lebih meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi, menambah informasi tentang upaya yang dilakukan oleh madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi, dan memberikan wacana baru bahwa Pendidikan Agama Islam itu sangat penting bagi peserta didik dan sangat berperan dalam pembentukan akhlak peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk metode analisis datanya yaitu dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan memakai proses berpikir secara induktif Hasil penelitian ini yaitu bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi yang meliputi sub mata pelajaran: Al-Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqh, dan SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) sudah dilaksanakan dengan baik. Mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi dapat dikatakan belum sesuai dengan komponen-komponen yang menunjukan mutu Pendidikan Agama Islam yang baik. Maka dari itu upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam terus dilakukan. Upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi dilakukan dalam berbagai bidang, yaitu meliputi bidang ketenagaan SDM), bidang kurikulum, bidang sarana dan prasarana, bidang output pendidikan, bidang anggaran, dan bidang peran serta masyarakat. Upaya tersebut sudahlah tepat dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di MTs. Ma'arif NU Sragi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnas, A. IdhohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: peningkatan mutu pendidikan agama islam di MTs. Ma' arif NU Sragi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:34
Last Modified: 14 Jul 2023 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item