Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Anak Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur' An (BTQ) Di TPQ Thoriqul Jannah Pamutih Ulujami Pemalang Tahun 2014/2015

Purwanti, Endang (2015) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Anak Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur' An (BTQ) Di TPQ Thoriqul Jannah Pamutih Ulujami Pemalang Tahun 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (THESIS)
2021311060 ENDANG PURWANTI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Other (THESIS)
2021311060 ENDANG PURWANTI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan baca tulis Al-Qur' an merupakan dasar utama yang harus ditanamkan dalam pendidikan anak sedini mungkin. Hasil observasi awal ~iketahui kasus yang sering terjadi di TPQ Thoriqul Jannah Pamutih adalah ketika didik disuruh. membaca dan menulis Al-Quran sering mengalam.i kesulitan, mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah siswa malas untuk belajar baca tulis Al-Qur'an. Meskipun guru dan orang tua memotivasi mereka agar mau belajar membae.a dan menulis Al-Qur'an yang baik dan benar. Hal semacam inilah yang pada akhirnya bisa mengakibatkan mutu kualitas bacaan Al-Qur'an kurang baik dan benar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan baca anak pada pembelajaran baca tulis Al• Qur 'an. Ada beberapa permasalahan yang hams dikaji, yaitu: Bagaimana Ifemampuan baca anak pada pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) di TPQ thoriqul Jannah? Bagaimana pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) di TPQ Thoriqul Jannah ? Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan baca anak pada pembelajaran baca tulis Al-Qur' an (BTQ) di TPQ Thoriqul Jannah ? Dari beberapa masalah tersebut, penulis mempunyai tujuan dalam penelitian yang ingin dicapai yaitu: Untuk mengetahui kemampuan baca anak pada pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) di TPQ Thoriqul Jannah, mengetahui pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTQ) di TPQ Thoriqul Jannah, mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan baca anak pada pembelajaran baca tulis Al~ Qur'an (BTQ) di TPQ Thoriqul Jannah. \ Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif Dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan teknik pengumpulan datanya mengunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif Setelah melakukan pengamatan dan pengumpulan data dari TPQ Thoriqul Jannah, penulis. mendapatkan hasil penelitian, bahwa guru dalam meningkatkan kemampuan baca anak pada pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) di TPQ Thoriqul Jannah sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal membaca dan menulis Al-Qur'an di TPQ Thoriqul Jannah sebelum mengikuti jam tambahan mengaji masih jauh dari kriteria baik dan dengan diadakanya jam tambahan mengaji, kemampuan membaca dan menulis Al-Qur' an pada anak m'engalami peningkatan secara bertahap dan cukup baik, dibandingkan dengan anak yang tidak mengikuti jam tambahan mengaji. Pembelajaran baca tulis Al• Qur'an (BTQ) di TPQ Thoriqul Jannah sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang sudah mendapatkan nilai melampaui nilai KKM yang -ditentukan yaitu 60. Peran-guru dalam meningk-atkan-kemampuan baca anak pada pembelajaran baca tulis Al-Qur'an (BTQ) di TPQ Thoriqul Jannah antara lain, guru sebagai motivator, inisiator, supervisor dan evaluator.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:53
Last Modified: 12 Jul 2023 02:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item