SAIKHUDIN, MUHAMMAD NUR (2005) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Maraqil 'Ubudiyyah Karya Syaikhnawawial-Bantani. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
232108312 MUHAMMAD NUR SAIKHUDIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (8MB) |
|
Text
232108312 MUHAMMAD NUR SAIKHUDIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Saikhudin, Muhammad Nur. 2014. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Maraqil 'Ubudiyyah karya Syaikh Nawawi al-Bantani. Jurusan Tarbiyah/ Program Studi PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. H. Muhlisin, M.Ag Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kitab Maraqil 'Ubudiyyah Dewasa ini manusia tingkat keberagamaan seseorang bergantung dari kemampuan dalam menyelesaikan keraguan konflik batin yang terjadi dalam diri. Apabila seseorang mempunyai masalah yang sulit dipecahkan maka tak jarang seseorang mengambil jalan pintas untuk mengatasi kemelut batin yang dialaminya, Kemudian tidak jarang juga seseorang salah mengambil keputusan yang akhimya menuntun mereka melakukan perbuatan negatif dan merusak. Kasus narkoba, kebrutalan maupun tindak kriminal merupakan bagian dari kegagalan seseorang menemukan jalan hidup yang dapat menenteramkan gejolak batinnya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Maraqil 'Ubudiyyah karya Syaikh Nawawi al• Bantani? Jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer adalah berupa kitab Maraqil 'Ubudiyyah dan data sekunder adalah bersumber dari berbagai buku yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan pendidikan akhlak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode membaca, memahami, mempelajari . dan menganalisis. Dan untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif dan content analysis. Dan akhirnya ditarik dengan kesimpulan Dari basil penelitian kualitatif yang penulis laksanakan menunjukkan bahwa dalam kitab Maraqil 'Ubudiyyan mempunyai dua aspek pendidikan karakter yaitu pendidikan karakter pribadi bahwa pada hakikatnya anggota• anggota tubuh adalah di bawah pengawasan manusia itu sendiri, maka manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri dalam penjagaan sifat baginya, serta pembedaan antara yang haq dan yang bathil. Pendidikan karakter sosial, bahwa pengamalan adab kepada Allah Swt., sebagai tingkatang yang tertinggi, kemudian a.dab dengan sesama manusia, ilmu, alam dan sebagainya. Hal ini dipandang dari kacamata tauhid, karena orang baik (insan adabi) memberi pencerahan dalam aspek bidang kehidupan, sehingga sangat dianjurkan seseorang untuk mempergaulinya. Pembentuk:an pendidikan karakter yang baik perlu melibatkan peran-peran aktif semua aspek baik dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat sehingga muncul satu sikap yaitu akhlak yang mulia dalam diri manusia dan menjadikan manusia tersebut menjadi manusia yang berkepribadian muslim.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kitab Maraqil 'Ubudiyyah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:04 | ||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3245 |
Actions (login required)
View Item |