Implementasi Metodeactive~Ebatelearning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Fiqih) Di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan

Wahyudin, Wahyudin (2016) Implementasi Metodeactive~Ebatelearning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Fiqih) Di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311069 WAHYUDIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (15MB)
[img] Other (Thesis)
2021311069 WAHYUDIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan diartikan sebagai segala sesuatu Yang mengalami proses perubahan ke arah yang lebih baik. Proses perubahan ke arah yang lebih baik hanya dapat terealisasikan melalui proses belajar mengajar atau disebut juga pembelajaran. Pembelajaran akan ketinggalan zaman apabila masih menggunakan paradigm.a lama yang memposisikan pengajar (guru) sebagai pusat segala• galanya. Padahal pembelajaran di dunia modem sekarang ini tidak lagi berorientasi kepada guru (teacher oriented) melainkan leaner oriented yaitu pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai subyek (actor) pembelajaran. Orientasi pembelajaran seperti di atas membutuhkan berbagai komponen dalam pendidikan, seperti tenaga edukatif yang berkompeten, kurikulum yang sudah disempurnakan, sarana dan prasarana yang memadai, begitu juga metode dan strategi yang cocok dan tepat guna. Tujuan pembelajaran yang telah ditentukan tidak - akan dapat terwujud - kecuali melalui proses pei:nbelajaran yang menggunakan metode dan strategi yang dapat merangsang siswa untuk melakukan p~111~lc1j~~ yang ~f; inovatif, kr~~!if, ~f~lctif dan IIl~llY~~gk;:i11: ~1!1~ S?.W dari sekian banyak metode dan strategi tersebut adalah metode active debate learning. Metode active debate learning adalah salah satu metode pembelajran berbasis active learning yang sedang diterapkan di MTs Rifa'iyah Kesesi pada kegiatan pembelajarannya termasuk dalam kegiatan pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih. Itulah sebabnya penulis mengadakan penelitian pada Sekolah tersebut dengan judul penelitian "Implementasi Metode Active Debate Learning Pada Pembelajaran Fiqih di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan". Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah Bagaimanakah implementasi metode active debate learning dalam pembelajaran PAI di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan? Bagaimana kelebihan metode active debate learning dibanding metode fain yang dipraktekan di MTs Rifa'iyah Kesesi Ka:bupaten Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode active debate learningdafam Pendidikan Agama Islam Di MTs. Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan implementasi metode active debate learning dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Untuk mengetahui apa kelebihan metode active debate learning dibanding metode yang lain. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode active debate learning dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reserach) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mempelajari secara intensif latar belakang kasus terakhir, interaksi lingkungan yang terjadi pada unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Hasil penelitian yang dilakukan secara seksama di MTs Rifa'iyah Kesesi bahwa pendidikan agama Islam di MTs Rifa'iyah Kesesi berpedoman pada kurikulum 2006 (KTSP). lmplementasi metode active debate learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam untuk mapel Fiqih di MTs Rifa'iyah Kesesi terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi (penilaian). Implementasi metode active debate learning memiliki kelebihan dibanding metode yang lain. Faktor - faktor yang mempengaruhi implementasi dengan metode active debate learning ini adalah adanya faktor pendukung dan faktor penghambat. Efektivitas metode active debate learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam pada mata pelajaran Fiqih di MTs Rifa'iyah Kesesi berjalan cukup baik. Hal ini ditandai dengan antusias para peserta pendidik ketika melakukan debat di depan kelas dengan mengemukakan berbagai argumen yang telah mereka persiapkan. Peneliti menyampaikan saran kepada pengelola sekolah (Kepala sekolah dan guru) agar tidak melakukan pembelajaran monoton di dalam kelas saja, tetapi memanfaatkan ruang multimedia dengan segala fasilitasnya, bahkan bila perlu di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMutho'in, Mutho'inUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode, Active Debate, Fiqih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:11
Last Modified: 12 Jul 2023 04:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item